Soal Laporan Dana Kampanye, KPU Bantah Kompromi

JAKARTA,SNOL Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan pemeriksaan terhadap laporan dana kampanye peserta pemilu selama tiga hari.
Setelah itu, partai politik dan calon DPD akan diberi kesempatan untuk memperbaiki laporan tersebut selama lima hari sejak 5 Maret kemarin, sebelum laporan itu diumumkan ke publik.
“Nanti dipublikasikan dokumennya secara original,” ujar Ketua KPU, Husni Kamil Manik di Komplek Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (9/3).
KPU menegaskan bahwa pemberian waktu selama lima hari itu bukanlah bentuk kompromi antara pihaknya dengan peserta pemilu. Pemberian waktu tersebut, kata Husni, memang sejak awal didesain untuk digunakan sebagai waktu perbaikan laporan dana kampanye.
Karena, kemungkinan besar akan ada perbaikan laporan dana kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu.
Sekarang ini, lanjut Husni, KPU masih dalam proses pemeriksaan akumulasi dana kampanye, termasuk sumber pemasukan dan pengeluaran.
Komisioner KPU Ida Budhiati, sebelumnya mengatakan, KPU akan memeriksa laporan yang telah diserahkan kepada pihaknya. Verifikasi, kata dia, akan mencakup kelengkapan informasi atas penerimaan dan pengeluaran awal dana kampanye dan rekening khusus dana kampanye parpol.
Kepala Biro Hukum KPU Nur Syarifah menambahkan, perbaikan diserahkan paling lambat 9 Maret 2014. Dia menuturkan, 10 Maret, KPU akan mengumumkan laporan tersebut tersebut di laman www.kpu.go.id.  Selanjutnya, pada 24 April batas laporan akhir dana kampanye. Nur menyatakan, apabila masih ada caleg yang belum melaporkan, hal tersebut akan menjadi catatan auditor atas patuh atau tidak patuh Parpol terkait pelaporan dana kampanye. Hasil tersebut menjadi sounding kepada publik saja terhadap caleg atau parpol.(fay/rus/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.