PT Garuda Indonesia Ingin Bangun Bandara Sendiri

JAKARTA,SNOL Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan menyambut baik rencana PT Garuda Indonesia, yang ingin membangun bandara dan terminal sendiri dalam jangka panjang. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang.
“Itu ide yang wajar, ide yang baik, ide yang bagus. Tapi pelaksanaannya tentu mungkin tidak dalam waktu dekat,” ujar Dahlan di kantornya, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (11/3).
Dikatakan Dahlan bahwa saat ini Garuda Indonesia sudah mengungguli dua maskapai negara tetangga, yakni Malaysia Airlines dan Thai Airways. “Tapi memang Garuda masih kalah jika dibandingkan dengan Singapore Airlines,” terang Dahlan.
Kalaupun nantinya ada yang membandingkan Garuda dengan Singapore Airlines hal itu tak sebanding, mengingat cakupan lini bisnisnya yang berbeda. “Jadi tidak pas kalau Singapore Airlines dibandingkan dengan Garuda, karena bisnisnya Singapore Airlines juga ada di pengelolaan bandara,” tegasnya.
Namun menurut dia, sebagai perusahaan maskapai yang besar, tak ada salahnya bila Garuda Indonesia ke depan juga mengikuti jejak Singapore Airlines. Untuk sekarang, mantan Dirut PLN ini menyarankan agar Garuda lebih fokus untuk membenahi kondisi perseroan.
“Kalau bisa nanti melampaui (Singapore Airlines-red). Sementara ini Garuda fokus saja terus memperbaiki dirinya sendiri dulu, nanti itu datang sendiri, karena akusisi perusahaan lain yang bersangkutan harus membuktikan dirinya hebat. Jadi nanti kalau mau akusisi mendapatkan kepercayan penuh,” seru mantan Ketua PWI Surabaya ini. (chi/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.