Satelit Tiongkok Dapatkan Gambar Diduga Bangkai Pesawat

SNOL. Harapan baru muncul dalam upaya pencarian pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 yang hilang sejak Sabtu (8/3) dini hari lalu. Sebuah citra satelit menunjukkan objek di Laut China Selatan yang kemungkinan sebagai pesawat yang mengangkut 239 penumpang plus kru itu.
Sebuah satelit milik Badan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Pertahanan Nasional Tiongkok telah menangkap titik putih di lautan yang diduga sebagai lokasi jatuhnya pesawat rute Kuala Lumpur-Beijing itu. Titik itu diketahui dari penyisiran gambar hasil rekaman satelit yang menangkap tiga objek mengambang beserta ukurannya.
Tiga objek itu masing-masing berukuran 13×18 meter, 14×19 meter dan 24×22 meter. Gambar itu tertangkap pada 9 Maret lalu, atau tepat pada hari ketika MH370 dinyatakan hilang kontak.
Namun, pemerintah Tiongkok baru merilis gambar-gambar itu hari ini. Lokasinya sekitar 140 mil dari titik terakhir kali pesawat milik maskapai berkode MAS itu tertangkap di layar radar, atau di arah timur laut Kuala Lumpur.
Mantan direktur pelaksana di Badan Keselamatan Transportasi AS (NTSB), Peter Goelz, menduga awalnya Tiongkok enggan membeber citra satelit itu. Menurutnya, bisa jadi Tiongkok khawatir kemampuan satelit yang dimilikinya negeri bakal terungkap.
Tiongkok pun sepertinya akan bersikap hati-hati dengan temuan itu. Pasalnya, awal pekan ini sebuah objek yang sempat diduga bagian dari pesawat, ternyata tidak mengarah pada pesawat Boeing 777-200 yang hilang itu. Karenanya pencarian yang sebelumnya hanya di Laut China Selatan, diperluas hingga Selat Malaka dan Hong Kong.
Sementara gambar yang dihasilkan satelit Tiongkok itu segera direspon oleh pihak tim pencari. Amerika Serikat bahkan segera mengerahkan dua kapal perangnya ke lokasi yang diduga bangkai pesawat itu. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.