KPU Coret 9 Partai di 25 Daerah dan 35 Calon DPD

JAKARTA,SNOL KPU mencoret sembilan partai politik (parpol) sebagai peserta pemilu 2014. Pencoretan bukan dalam skala nasional, tetapi tidak dapat mengikuti pemilu di daerah tertentu.
Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyatakan, sembilan parpol yang dicoret berasal dari kabupaten/kota. Pencoretan itu sebagai sanksi atas keterlambatan mereka menyerahkan laporan awal dana kampanye yang berakhir pada 2 Maret 2014 lalu.
“Ada 9 parpol di 25 kabupaten/kota yang dibatalkan (coret) sebagai peserta pemilu tahun 2014,” ungkap Ferry kepada wartawan, Minggu (16/3).
Dengan alasan yang sama, Husni Kamil Manik Cs juga mencoret 35 calon anggota DPD RI dari 15 Provinsi.
Namun demikian, Ferry enggan menyebutkan sembilan parpol yang dicoret tersebut. Pasalnya, kata Ferry, parpol yang dicoret itu sedang menunggu diterbitkannya surat pengesahan.
“Sekarang dalam proses pengeluaran SK (surat keputusan) dan memberikan informasi terlebih dulu ke parpol terkait,” ujar mantan Ketua KPU provinsi Jawa Barat ini.
Seperti diketahui di awal, KPU berjanji bakal mencoret peserta pemilu baik parpol maupun calon perseorangan calon DPD RI yang tak melaporkan dana kampanye pada 2 Maret, atau bagi peserta pemilu yang melaporkan diatas pukul 18.00 WIB. Adapun parpol yang diserahkan pengurus pusat kepada KPU RI selamat dari pencoretan lantaran melaporkan tepat waktu.(san/rus/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.