Thailand Deteksi Pesawat Asing Setelah MH370 Hilang

THAILAND,SNOL Keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 masih misterius. Setelah lebih dari 10 hari hilangnya pesawat canggih Boeing 777-200ER itu, berbagai informasi kembali bermunculan. Salah satunya dari Angkatan Udara Thailand.
Rabu (19/3), Angkatan Udara Thailand menyatakan setelah beberapa menit MH370 hilang, radar mereka mendeteksi ada pesawat asing yang melintas.
“Kami mendeteksi ada pesawat asing pada Sabtu (8/3), pukul 12.28 waktu setempat (1.28 waktu Malaysia),” kata Juru Bicara Angkatan Udara Thailand Monthon Suchookorn seperti dilansir AFP.
Waktu tersebut berarti hanya beberapa menit setelah MH370 mengirim transmisi terakhir dari transponder pesawat pada 01.21 waktu Malaysia.
“Radar kami menangkap pesawat itu bergerak ke barat daya, kembali ke asalnya di Kuala Lumpur dan selat Malaka,” tambah Suchookorn.
Namun sinyal pesawat itu kembali tertangkap Thailand mengarah ke utara dan menghilang ke Laut Andaman.
Ya, Laut Andaman adalah yang biasanya digunakan pesawat-pesawat dari Asia Tenggara untuk terbang ke Eropa dan Timur Tengah. Rute itu benar-benar melenceng untuk pesawat jurusan Kuala Lumpur, Malaysia-Beijing, Tiongkok.
Meski begitu Suchookorn tidak bisa memastikan apakah pesawat asing yang terdeksi radarnya itu adalah MH370 atau bukan.(AFP/mas/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.