Langka, Harga Elpiji 3 Kg Rp 22 Ribu

CILEGON,SNOL Sulitnya memperoleh gas elpiji 3 kg dialami warga Kota Cilegon dalam seminggu terakhir. Beberapa pedagang pengecer dan warga mengeluh susahnya memperoleh gas subsidi tersebut.
Berdasarkan pantauan, di Kelurahan Warnasari Kecamatan Citangkil Kota Cilegon, Selasa (19/3), ditemukan bahwa bukan hanya langka mendapatkanya, akan tetapi gas elpiji harganya naik mencapai Rp22 ribu dari harga normal Rp17 ribu.
Salah satu pedagang eceran gas elpiji 3 kg di Kelurahan Warnasari, Hamdi mengatakan, kelangkaan gas elpiji sudah terjadi selama 10 hari terakhir. “Biasanya saya mendapatkan gas dari mobil yang biasa suplay, namun sudah 10 hari ini tidak lagi datang,” ungkapnya.
Kondisi itu membuat Hamdi dibuat pusing oleh para langganan yang selalu datang menanyakan keberadaan gas. “Kalau langganan saya lebih banyak dari para pedagang makanan di sekitar depan perumahan Warnasari, saya sendiri malah bingung harus menjelaskan kepada mereka,” tuturnya.
Keluhan juga diungkapkan Sapto, seorang pedagang gorengan yang posisinya tidak jauh dari warung Hamdi.
Menurutnya, kelangkaan mendapatkan gas elpiji belakangan ini membuat repot dalam menjalankan usahanya. Pasalnya, gas merupakan bahan bakar yang sangat dibutuhkan. “Kalau tidak ada gas, kita tidak bisa menggoreng. Pindah ke minyak tanah, kompornya sudah beda. Saya harus puter otak mencari elpiji, akhirnya saya dapatkan di Serang dengan harga Rp22 ribu. Pokoknya saya harus tetap mendapatkan elpiji agar usaha tetap jalan,” ujar Hamdi.
Dampak yang paling terasa tentu saja dialami oleh Ibu rumah tangga. Septi misalnya. Gas elpiji 3 kg dipakainya hanya cukup untuk pemakaian selama 3 hari saja. Namun ketika 2 tabung gas elpiji 3 kg yang semuanya habis, Septi cukup kerepotan ketika hendak masak. “Sekitar 3 hari lalu, gas sudah abis. Ketika beli ditempat langganan ternyata tidak ada. Suami saya malah sampai keliling sekitar Citangkil tapi gak dapet juga. Akhirnya saya pilih beli saja makanan di warteg,” kata Septi warga Perumnas Warnasari. (mg-13/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.