Ada Potongan Ayat Al-quran Dalam Kotak Suara

TAKENGON,SNOL Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tengah menemukan sejumlah potongan kertas bertulisan ayat Al-quran (tulisan arab), oleh tenaga kerja (masyarakat) saat melakukan pelipatan surat suara untuk pemilihan umum legislatif.
“Kita temukan di dalam kotak surat suara DPD RI. Tidak banyak, hanya satu kotak saja,” ujar Ketua KIP Aceh Tengah, Marwansyah, kepada Rakyat Aceh, Minggu (23/3).
Menurut Ketua KIP, bahwa potongan-potongan tersebut kemudian diketahui dari tulisan buku Iqra, yang sudah terpotong. Lalu setelah dihitung, katanya, tercatat 33 lembar dengan ukuran sekitar 10X5cm. “Saat ini, potongan ayat Al-quran itu, kita simpan di kantor,” terang dia.
Sedangkan untuk pengadaan logistik Pemilu langsung ditangani oleh KIP Aceh. Sementara surat suara dicetak oleh PT Mancananjaya Cemerlang, Surabaya, ucapnya, seraya menambahkan proses pelipatan surat surat dilakukan pada hari Jumat kemarin.
“Untuk mengejar traget sebelum pemilihan, kita merekrut sebanyak 185 tenaga kerja dari masyarakat untuk melakukan proses pelipatan kertas suara dan disaksikan sejumlah perwakilan dari Polres, Kodim 0106, Panwaslu serta tim pemantau,” tegasnya.
Sejauh ini, pihaknya belum bisa memastikan jumlah kertas suara yang rusak. “Ada juga yang buram. Kita belum hitung jumlahnya. Nanti kita akan sesuaikan dengan peraturan KPU, mana-mana yang masih dikategorikan bisa dipakai,” papar Marwansyah.
Mengenai honor untuk masing-masing tenaga yang melipat kertas suara, ia mengatakan, setiap lipatan kertas suara dihargai Rp 150 per-lembar. “Keputusan itu diambil pada sidang pleno KIP pada 18 Maret 2014 lalu,” tutup Ketua KIP Ateng. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.