Bawaslu: Tak Masalah SBY Kampanye Pakai Pesawat Negara

JAKARTA,SNOL Badan Pengawas Pemilu memastikan tidak ada pelanggaran dalam penggunaan pesawat kenegaraan oleh Presiden SBY untuk berkampanye Partai Demokrat.
Ketua Bawaslu Mohammad menjelaskan, berdasarkan undang-undang tentang pejabat negara, ada hal yang melekat pada seorang presiden. Yakni hak protokoler dan hak keamanan kepala negara.
“Bawaslu memandang bahwa penggunaan pesawat itu adalah bagian dari hak protokoler. Jadi, tidak ada pelanggaran sepanjang ada ijin. Intinya memang sudah disampaikan ke KPU dan Bawaslu,” katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (27/3).
Menurut Muhammad, penggunaan pesawat negara menjadi hak SBY sebagai presiden. Meski pesawat itu digunakan untuk kegiatan berkampanye.
“Undang-undang ada itu, jadi kita tidak bisa menjeratnya. Tidak masalah memang karena dia memiliki hak protokoler. Itu alasannya,” tambahnya.
Muhammad memastikan bahwa fasilitas negara hanya boleh digunakan untuk kegiatan kampanye oleh pejabat presiden. Bukan pembantu-pembantunya seperti menteri.
“Jadi, ada hak khusus untuk presiden dalam undang-undangnya, kita sudah baca. Kalau di bawah presiden sudah tidak bisa lagi menggunakan itu. Jadi dia harus menggunakan fasilitas pribadi,” jelasnya.(dem/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.