JK: KPK Mestinya Langsung Cari Kemana Uang Century Mengalir

JAKARTA,SNOL Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyayangkan cara Komisi Pemberantasan Korupsi dalam menangani kasus bailout Bank Century.
Pasalnya, KPK terkesan bertele-tele dengan memeriksa pihak-pihak yang belum tentu terlibat langsung.
“Artinya tidak semua orang yang ikut rapat itu diperiksa. Tapi yang penting uangnya masuk ke mana,” kata JK usai mengikuti diskusi di aula FKUI, Salemba, Jakarta, Jumat (28/3).
Menurutnya, para pihak yang ikut dalam rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang menetapkan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik belum tentu semuanya terlibat dalam upaya perampokan bank itu.
Makanya, KPK seharusnya langsung menelusuri untuk memastikan ke mana dana yang digelontorkan Bank Indonesia tersebut. Mengingat, kebijakannya dana talangan hanya sebesar Rp 600 miliar tetapi yang keluar Rp 6,7 triliun.
“Apa benar masuk ke Century, apa benar ke tempat yang tepat,” kata politisi yang akrab disapa JK itu.
JK juga tidak menampik bila dikabarkan dana talangan tersebut digunakan SBY dan Partai Demokrat untuk kampanye Pemilu 2009. Karena itu, dia meminta KPK segera menelusuri ke mana saja dana talangan bermuara.
“Ya, itu yang harus diperiksa aliran uangnya, bukan yang hadir rapat. Kebijakannya Rp 600 miliar tapi yang keluar Rp 6,7 triliun,” tegas JK.(zul/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.