Kemenangan Kandang ke-1000 El Barca

BARCELONA,SNOL Kemeriahan laga ke-1000 Barcelona di Nou Camp, sekaligus kemenangan kandang ke-1000 El Barca (keduanya di La Liga) mesti dibayar mahal dengan cederanya Victor Valdes. El Portero berusia 32 tahun itu dikabarkan harus mengakhiri musim ini lebih cepat, sekaligus juga menghancurkan peluangnya tampil bersama timnas Spanyol di Piala Dunia Brasil 2014, pertengahan Juni mendatang.
Ya, duel Barcelona kontra Celta Vigo pada lanjutan jornada ke-30 di Estadio Nou Camp, Kamis (27/3) dinihari WIB bisa dibilang spesial bagi Barcelonistas –sebutan suporter Barcelona. Pasalnya, pertarungan ini menandai laga ke-1000 Los Blaugrana -julukan Barcelona- di stadion yang telah jadi homeground mereka sejak 1957 (rekornya kini 755 menang, 157 seri, 88 kalah, selisih gol 2.533-777).
Karenanya, anak asuh entrenador Gerardo ‘Tata’ Martino terlihat tampil semangat kala mengalahkan O Celtina -julukan Celta Vigo- tiga gol tanpa balas. The Catalans -julukan lain Barcelona- juga tampak tidak menganggap enteng kekuatan tim besutan eks legenda mereka, Luis Enrique tersebut yang notabene hanyalah tim peringkat 13 di papan klasemen.
Itu dibuktikan dengan rotasi yang dilakukan Tata Martino yang hanya menurunkan Alex Song, Adriano dan Marc Bartra dari bangku cadangan ke starting eleven guna membiarkan Xavi Hernandez, Dani Alves serta Gerard Pique untuk beristirahat penuh jelang El Derbi Barceloni kontra Espanyol (29/3) dan Atletico Madrid (2 April) pada leg pertama perempat-final Liga Champions.
Uji rotasi yang dilakukan Tata Martino pun berjalan sempurna meski Andre Iniesta digantikan oleh Sergi Roberto pada awal babak kedua, serta Neymar yang dislot Pedro Rodriguez pada menit ke-71. Khusus Neymar, dia jadi bintang di laga ini dengan torehan dua gol sekaligus mengakhiri rentetan puasa gol dari tujuh laga terakhir bersama Los Cules –julukan lain Barcelona.
Hanya saja, ditengah perjuangan merebut kemenangan ke-1000 di La Liga (dari 1.320 laga, sisanya 198 seri dan 122 kalah), El Barca ketiban sial. Pasalnya, kiper utama mereka, Victor Valdes kena cedera pada menit ke-23. Kabar terakhir paska pemindaian di rumah sakit, tim dokter mengkonfirmasi bahwa otot anterior cruciate ligament (ACL) Valdes robek. Dia pun butuh operasi untuk sembuh yang menyebabkan musimnya telah berakhir sekaligus membuatnya absen membela timnas Spanyol di Piala Dunia Brasil.
Cedera Valdes disebut telah mengurangi kans juara The Catalans baik di final Copa del Rey, perempat-final Liga Champions hingga pada delapan laga terakhir La Liga musim ini. ”Itu (cedera Valdes, Red) sial sekali. Ini merupakan tiga poin yang mahal,” keluh direktus sepakbola Barcelona, Andoni Zubizaretta di Football Espana. ”Klub mengalami kerugian besar, tapi kami harus melanjutkan perjuangan. Saya takkan mengontrak kiper lain meskipun kami mengalami ketidak beruntungan seperti ini,” imbuh Tata Martino. (sbn/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.