Pajak Naik, Penjual Mobil Mewah Resah

KELAPA DUA,SNOL Rencana pemerintah dalam menaikkan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) mulai April 2014 mem­buat penjual mobil di Tangerang resah. Menginggat kenaikan pajak bagi sebagian kelompok kendaraan bermotor tersebut dari 75 persen hingga 125 persen.
Kendaraan bermotor yang terkena aturan ini adalah sedan dan station wagon dengan mesin lebih dari 3.000 cc, motor bakar nyala kom­presi berkapasitas lebih dari 2.500 cc, dan kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder lebih dari 500 cc.
Marketing dari showroom JHL Auto di Kelapa Dua, Cecilia men­gatakan, dirinya mulai takut dengan penjualan untuk bulan-bulan beri­kutnya. Terkait rencana kenaikan PPnBM mulai bulan depan yang akan dilakukan pemerintah. Karena dikhawtirkan akan berdampak lang­sung pada animo pembelian mobil mewah.
“Takut sih, untuk bulan-bulan besok kalau pajaknya naik, otomatis konsumen berkurang,” ujar Cecil.
Menurutnya untuk penjualan di JHL Auto sendiri sampai saat ini terhitung lumayan baik. Dengan harga penjualan mulai dari Rp625 juta untuk Dodge Journey tipe 2.4 L SXT, dan yang termahal Jeep Grand Cherokee SRT dengan harga Rp1,750 miliar. “Sementara pen­jualan kami saat ini masih baik,” ucapnya.
Terpisah, Kepala Cabang Show­room Ayu Jaya Motor (AJM) di Kelapa Dua, Wendi mengaku belum mengetahui akan adanya rencana kenaikan harga pajak untuk mobil mewah di showroom AJM. “Saya belum tau kalau pajak mobil diatas 3 ribu cc akan naik, karena belum ada rapat pemberitahuan dari kantor pusat,” katanya.
Menurutnya jika rencana kenai­kan pajak tersebut terealisasi, maka dirinya dan pemilik showroom bakal resah. Terlebih untuk para konsumen yang diprediksi akan mengeluhkan kondisi tersebut. Pihaknya berharap pemerintah mempertimbangkan betul penerapan rencana kenaikan pajak ini dengan bijak.
“Mungkin mereka (konsumen,red) akan mikir dua kali untuk beli mobil mewah dengan pajak yang tambah besar. Ini jelas berpengaruh terhadap penjualan kami,” pungkasnya. (mg-21/aditya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.