Terkait Dana Bansos, KPK Terus Awasi 14 Kementerian

JAKARTA,SNOL Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan pengawasan penyaluran dana bantuan sosial di 14 kementerian. KPK menduga penggunaan dan bansos bisa disalahgunakan, apalagi pencairannya dilakukan jelang pemilihan umum.
Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas mengatakan kemungkinan dana bansos diselewengkan sangat besar. Karena alokasi dana bansos tidak dipublikasikan secara transparan kepada masyarakat. Selain itu KPK juga melihat kemungkinan adanya yayasan atau lembaga fiktif yang menerima dana bansos tersebut.
“Poin terpenting KPK ingin agar bansos ini pencairannya sesuai kriteria UU. KPK sangat merasa khawatir pencairan bansos ini bersamaan dengan proses pemilu sekarang ini,” kata Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (1/4).
Kekhawatiran KPK ini karena sudah ada pengalaman dana bansos dikorupsi. Bahkan, kasus sejenis yang melibatkan mantan Walikota Bandung sedang diproses.
“KPK merasa berkepentingan untuk monitoring business process lembaga pemerintah baik di pusat maupun di daerah. Supaya kebijakan pemerintah dalam pencairannya sesuai dengan UU Kesejahteraan Sosial,” pungkasnya.(johan/zul/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.