Polres Jamin tak Ada Pungli

Dalam Penerimaan Calon Anggota Polri

TANGERANG,SNOL— Penerimaan calon anggota Polri Tahun 2014 yang mulai dibuka 28 Maret sampai 15 April mendatang, memang banyak diminati oleh para lulusan SMA/sederajat. Polres Metro Tangerang Kota menjamin tidak akan ada pungutan liar (Pungli) dalam proses penerimaan tersebut hingga selesai.

“Dalam penerimaan para calon anggota Polri dari mulai pengambilan formulir itu gratis dan tidak dipungut biaya apapun” kata Kabag Sumda Polres Metro Tangerang, AKBP H. Sulaiman.

Ada beberapa kriteria yang sudah menjadi keharusan bagi para calon anggota kepolisian. Kalau laki-laki harus memiliki tinggi badan minimal 163 cm dan wanita 155 cm. Tidak hanya itu, kesehatan menjadi faktor prioritas. Mereka harus bebas narkoba dan tidak mengalami cacat fisik maupun mental.

Dirinya membatah keras dengan adanya rumor mengenai uang yang harus disediakan untuk lulus dalam seleksi anggota Polri. “Saya berani jamin bahwa pendaftaran untuk menjadi anggota Polri tidak ada pungutan biaya apapun” tegasnya.

Ketika ditanya mengenai adanya oknum yang melakukan pungutan liar dengan menjamin kelulusan para calon anggota, Sulaiman menegaskan bahwa jika terbukti akan dilakukan tindakan tegas sampai dengan pemecatan secara tidak hormat. “Ini sudah perintah Kapolri yang melarang adanya pungutan liar dalam bentuk apapun” tandasnya.

Sekedar diketahui bahwa penerimaan para calon anggota Polri yang dibuka di Polres Metro Tangerang pada tahiun 2012 sebanyak 342. Kemudian pada tahun 2013 sebanyak 438 yang terdiri dari 290 laki-laki dan 40 wanita. “Jelas setiap tahunnya penerimaan para calon anggota kepolisian bertambah. Untuk sekarang saja sudah terdata sedikitnya 290 peserta” tambah Sulaiman.

Di Indonesia sendiri saat ini dibutuhkan sekitar 7000 polisi wanita dan 10.750 polisi laki-laki. Maka total keseluruhan untuk menjadi anggota Polri diwilayah seluruh Indonesia sebanyak 17750. (Jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.