Pemilih Tanpa Formulir C6 Baru Bisa Nyoblos Jam 12

JAKARTA,SNOL Hingga H-1 sebelum pemilu legislatif 2014, masih banyak masyarakat yang mengeluhkan bahwa dirinya belum mendapatkan formulir C6.
Formulir C6 ini adalah surat undangan memilih yang berisi data soal lokasi TPS tempat pemilih untuk bisa menyalurkan suaranya.
“Form C6 ini diperlukan untuk memudahkan petugas KPPS, yaitu untuk mengidentifikasi dan mencocokkan dengan DPTnya,” ujar komisioner KPU, Arief Budiman, di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat (Selasa, 8/4).
Jika belum mendapatkan formulir ini, katanya, maka langkah pertama yang dapat dilakukan adalah untuk mengecek via website  kpu.go.id di-TPS manakah namanya terdaftar.
“Jika sudah ditemukan TPSnya, maka pemilih bisa langsung datang ke TPS tersebut dengan membawa KTP. Namun baru bisa memilih sejam sebelum TPS ditutup yaitu pada pukul 12 siang,” sambungnya.
Namun jika namanya tidak terdaftar di DPT, maka masyarakat bisa mendaftar ke kelurahan untuk dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK).
“Namun pendaftaran ini harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum DPT ditetapkan oleh KPUD. Jika sudah terdaftar maka dia akan dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan juga baru bisa memilih sejam sebelum TPS ditutup,” tandasnya. [ysa]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.