Tatu: Salah Sedikit Bisa Ribut

SERANG, SNOL—Kepala Satpol PP Kabupaten Serang diminta kembali menginventarisir kinerja dan jumlah anggotanya yang ada. Sebab, petugas penegak peraturan daerah ini bersentuhan langsung dengan masyarakat.  Maka petugas harus dibekali pengetahuan melalui pelatihan cara berkomunikasi maupun fisiknya bersama TNI dan Polri.

“Hal itu bertujuan agar bisa berkomuniaksi dengan masyarakat yang baik. Karena salah sedikit saja masyarakat tersinggung bisa terjadi keributan. Sedangkan untuk fisik, agar bisa menyesuaikan dengan jumah penduduk di 29 kecamatan,”tutur Wakil Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kepada wartawan, usai menghadiri HUT Satpol PP Kabupaten Serang yang ke-64 di halaman Kantor Satpol PP, Senin (7/4).

Tatu mengakui, keberadaan petugas Satpol PP Kabupaten Serang sangat minim, yakni hanya ada 63 personel. Padahal  jika  dibandingkan dengan jumlah penduduk di 29 kecamatam sekitar 1,4 juta hal itu sangat tidak sebanding. Sehingga dalam penegakan peraturan daerah (Perda) itupun tidak optimal, dimana itupun merupakan tanggung jawab Pemkab Serang. “Untuk itu tugas Kasatpol PP untuk inventarisir. Berapa jumlah anggota yang dibutuhkan agar bisa menyesuaikan dengan jumlah penduduk,” imbuh Tatu. Terkait perubahan status menjadi badan, katanya saat ini sedang dikaji pemda. Sebab kewenangan perubahan ini ada pada Bagian Organisasi Sekretariat daerah (Setda) setempat.  “Yang pasti masih dalam proses pengkajian SOTK (Struktur Organisasi dan Tata Kerja)nya,”ungkap Tatu.

Di tempat yang sama, Kasatpol PP Kabupaten Serang, Wawan Setiawan mengaku akan membuktikan kinerjanya dengan baik dan semaksimal mungkin dalam rangka penegakan perda-perda. Namun katanya, hal itu perlu ditunjang dengan fasilitas, penambahan anggota dan kegiatan seperti pelatihan bagi para anggota.

“Untuk saat ini saja hanya ada 63 anggota, maka kami akan menambah personel sebanyak 150 orang,” ujar Wawan, seraya berharap Pemkab Serang agar memberikan anggaran untuk pengadaan alat komunikasi salah satunya HT, guna kelengkapan petugas dalam bekerja. (arif/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.