KPU Sebut Surat Suara Tertukar karena Kelelahan

JAKARTA,SNOL Banyak surat suara yang tertukar ditemukan di daerah pemilihan calon anggota legislatif (caleg) DPRD kabupaten/kota dalam Pileg 2014 ini.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) beralasan, masalah itu terjadi karena kesalahan teknis. Menurut Komisioner KPU Bidang Logistik, Arief Budiman, terbatasnya waktu yang tersedia dan faktor kelelahan saat menyeleksi surat suara menyebabkan surat suara itu tertukar.
“Kesalahan semacam itu betul-betul karena problem teknis karena singkat pekerjaan banyak karena faktor kelelahan dan sebagainya,” kata Arief kepada wartawan di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (11/4).
Diakuinya memang kasus surat suara tertukar didominasi untuk caleg DPRD kabupaten/kota. Hal ini terjadi lantaran dalam satu provinsi bisa ada kesamaan nama kabupaten/kota.
“Karena pabrik kirim di kota tersebut jadi enggak ada tempat lain setelah sortir DPRD ternyata kabupaten kan? Dari beberapa dapil kemungkinan petugas sortir salah memasukkan,” jelas Arief.
Petugas KPU Kabupaten/Kota tidak meneliti secara cermat ketika proses pemisahan surat suara sebelum dikirim ke masing-masing
kecamatan sampai lokasi tempat pemungutan suara (TPS).
“Kita rekrut ribuan orang di kabupaten kota. Jadi pekerjaan berat rumit harus kontrol yang pekerjaanya bukan kerjaan mereka,” kata Arief.
Di tempat yang sama, Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan, sejumlah daerah yang tertukar sebagian telah dilakukan Pemilu ulang.
“Yang punya otoritas pemungutan suara ulang, adalah KPU Kabupaten/Kota,” ujar Hadar.
KPU meyakinkan masalah surat suara tertukuar di berbagai daerah bukan unsur kesengajaan.
“Belum ada indikasi sengaja. Belum melihat ada pola yang mengarah ke sengaja. Pola yang terlihat hanya terjadi pada kabupaten/kota,” jelas Hadar.(wid/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.