Ini Dia Tiga Skenario Koalisi Pilpres 2014

JAKARTA,SNOL Pada Pilpres 9 Juli 2014 nanti diprediksi Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) akan ada tiga poros koalisi yang terbentuk.
Koalisi pertama, papar Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan menyebut sebagai Poros Gotong Royong Perjuangan Bangsa, yang merupakan gabungan PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Nasdem.
Kedua, lanjut Djayadi adalah poros koalisi Gerakan Amanat Nasional yang terdiri dari Partai Gerakan Indonesia Raya dengan Partai Amanat Nasional.
“Sementara poros ketiga adalah Koalisi Karya Demokrat yang terdiri dari Partai Golkar dan Partai Demokrat,” kata Djayadi saat memaparkan hasil survei “Tiga Skenario Koalisi Pilpres 2014,” di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Minggu (13/4).
Dari hasil ini, menurut Djayadi, kemungkinan hanya ada tiga pasangan capres-cawapres. Yakni Joko Widodo (Jokowi) yang akan diajukan oleh PDIP, Nasdem dan PKB. Pasangan kedua yakni Aburizal Bakrie oleh koalisi Partai Golkar dengan Demokrat.
“Golkar itu secara tegas sampaikan ke PDIP masih akan mencoba ajukan capres sendiri walaupun akhirnya jika kalah mereka akan bergabung dengan PDIP di pemerintahan,” jelasnya.
Ketiga adalah Prabowo Subianto oleh Partai Gerindra dan pasangannya dari PAN yang juga merpresentasikan tokoh Islam.
“Tapi masih mungkin ada empat pasangan nanti. Karena ini masih dinamis,” demikian Djayadi.(san/wid/rmol))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.