Mendikbud: Guru Curang Saat UN akan Dipidana

JAKARTA,SNOL Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengancam akan memberi sanksi pidana kepada oknum pengajar berbuat curang pada pelaksanaan Ujian Nasional ( UN).
“Oknum guru atau siapa pun yang melakukan kecurangan dalam pelaksanaan UN, berarti melakukan tindak pindana,” ujar Nuh saat melakukan inspeksi mendadak di SMAN 112 Jakarta, Senin.
Menurut Nuh, pihaknya tak segan-segan untuk memproses oknum guru yang curang. “Akan ada sanksi berat bagi oknum guru yang terlibat dalam kecurangan,” katanya.
Tak hanya itu, mantan rektor ITS itu juga meminta masyarakat untuk ikut memantau jalannya UN dan melaporkan segala bentuk kecurangan atau kebocoran UN jika mengetahuinya.
Meski begitu, Nuh yakin kebocoran soal UN sangat sulit terjadi. Sebab pihaknya sudah melakukan pengamanan ketat, bahkan soal-soal UN pun dikawal oleh pihak kepolisian. Selain itu, lanjut dia, terdapat 20 variasi soal UN dalam satu mata pelajaran. Sehingga tidak memungkinkan bagi peserta UN untuk berbuat kecurangan.
Secara keseluruhan, jumlah siswa SMA/MA serta paket C di Indonesia yang mengikuti UN pada 2014 sebanyak 1.644.713.  Sedangkan jumlah pelajar SMK peserta UN sebanyak 1.184.987.(ant/rr/mas/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.