Pembuat Soal Ujian SMA Fans Jokowi?

JAKARTA,SNOL Hari pertama ujian nasional alias UN kemarin diwarnai pro-kontra di dunia maya. Penyebabnya, ada nama Gubernur DKI Jakarta yang juga capres PDIP Joko Widodo dalam lembaran soal yang diterima para siswa.
Banyak publik di dunia maya yang heran dengan munculnya nama Jokowi, tapi ada juga yang menganggap sebagai hal yang wajar.
Nama Jokowi ini muncul dalam soal wacana Bahasa Indonesia jurusan IPS untuk tingkat SMA/MA untuk nomor 13 dan 14. Soal ini mengemuka ke publik setelah akun @AirellT mengunggah gambar lembaran soal itu ke twitter pada pukul 11.41. Dengan seketika, gambar ini menyebar luas dan ramai dikomentari.
Wacana yang disodorkan ke siswa berupa biografi singkat Jokowi. Berikut kutipan lengkapnya:
Ir H. Joko Widodo lahir di Surakarta 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak 15 Oktober, Jokowi menjabat sebagai gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu bekerja keras ini dikenal dengan gaya blusukannya ke pelosok ibukota. Berbagai penghargaan telah beliau raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik dalam pengabdiannya kepada rakyat.
Sebagai tokoh seni dan budaya, beliau dinilai paling bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang upah minimum provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung. Buah dari pertemuan tersebut, dewan pengupahan menetakan upah Rp 2,2 juta.
Pertanyaan soal untuk nomor 13 adalah sebagai berikut:
Keteladanan Jokowi pada wacana di atas adalah… (a). alumni UGM yang cinta seni dan budaya, (b). gemar blusukan ke pelosok wilayah, (c). mengadakan pertemuan dengan dewan pengupahan, (d). menjadi tokoh seniman terkemuka di DKI Jakarta, (e). menerima berbagai penghargaan dan gelar. Sedangkan untuk pertanyaan nomor 14 tidak terlihat jelas.
Akun @altorana heran kenapa pembuat soal bisa memasukkan nama Jokowi. “Ini apaan soal seperti ini. Kurang bahan atau emang nggak ada soal lagi,” kicaunya. “Yang buat siapa?” sahut akun @BarenMaharani.
Akun @angkaabcd bersyukur dalam soal itu tidak dipasang foto Jokowi. Kalau dipasang juga, akan makin kacau. “Jadi terlihat kayak kampanye pilpres gitu,” timpal akun @PancaSyah.
Meita Annissa menyebut, di Indonesia masih banyak nama pahlawan yang bisa dijadikan sebagai wacana dalam soal. Bukan dalam calon presiden, karena akan mengesankan politik. “Jokowi ada di soal UN. Semoga Tan Malaka nggak sakit hati,” ucapnya.
Beberapa akun curiga soal ini sengaja dimasukkan untuk meningkatkan popularitas Jokowi di pemilih pemula. Akun @ibnupurna menyatakan, kalau soal tersebut betul ada, harus diusut tuntas.
Akun @zico_hermawan menyatakan, sebelum ini nama SBY juga pernah masuk dalam soal ujian. Akun @qaqqah menambahkan, beberapa waktu lalu, ada juga nama PKS dalam soal UTS di dalam satu sekolah. Saat dua soal itu muncul, reaksi publik sangat keras.
“Ribut-ribut tentang soal UN ada nama Jokowi, akankah serame tentang soal ujian ada jawaban PKS. Padahal dua-duanya sama-sama tak menghendaki? Kita lihat saja,” ucap akun @YesCoplasCapres. “Bagaimana reaksi pengamat?” tanya akun @PrijantoRabbani.
Beberapa tweeps membela Jokowi. Akun @joshku menilai, Jokowi tidak salah. “Lah masa salah Jokowi *ngakak,” ucapnya merasa lucu kenapa tweeps yang curiga ke Jokowi. Akun @MustikaningAdi mengaku nggak masalah karena adanya nama dalam soal bukan bagian dari iklan politik.
Akun @avi_Budi_s meminta para rekannya untuk berbaik sangka. “Hehe.. lagi rame soal UN ada nama Pak Jokowi. Sudahlah kawan jangan dipolitisasi. Berbaik sangka lah kawan. Masih banyak orang baik di negeri ini,” ucapnya.
Yahui Iman ikut membela. Dalam akun @yahuiiman dia menyebut, Jokowi tidak salah, tapi pembuatnya nge-fans dengan biografi Jokowi.(uj/dem/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.