Terkait Wawan, Fuad Bawazier Diperiksa Penyidik KPK

JAKARTA,SNOL Ketua DPP Partai Hanura, Fuad Bawazier menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (14/4).
Dia diperiksa sebagai saksi dalam perkara dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan.
Sebelum masuk ruang pemeriksaan, Fuad sendiri mengklaim bahwa dirinya tak diperiksa oleh penyidik. Dia bilang, kedatangannya hanya ingin bertemu dengan orang dalam KPK.
“Saya tidak diperiksa. Mau bertemu orang. Nanti saya jelaskan semuanya,” terang Fuad di kantor KPK, Jakarta.
Pernyataan Fuad tersebut dimentahkan oleh Jurubicara KPK, Johan Budi. Kata dia, Fuad merupakan saksi tambahan dalam perkara TPPU Wawan, yang juga suami Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dan adik kandung Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Makanya, nama Fuad tak tercantum dalam jadwal pemeriksaan yang dirilis bagian Humas KPK.
“Pemeriksaan tambahan, Fuad Bawazier sebagai saksi kasus TPPU TCW (Tubagus Chaeri Wardana),” kata Johan saat dikonfirmasi.
Johan mengaku tak mengetahui secara pasti apa kaitan Fuad diperiksa dalam TPPU Wawan. Yang pasti, dia diperiksa karena diduga mengetahui, melihat dan mendengar perkara tersebut.
Wawan sebelumnya dikenakan sangkaan pencucian uang dari dua undang-undang yaitu Pasal 3 dan Pasal 4 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian uang. Suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany itu juga diduga melanggar Pasal 3 ayat (1) dan atau Pasal 6 ayat (1) UU Nomor 15 tahun 2002 sebagaimana diubah berdasarkan UU Nomor 25 tahun 2003 tentang TPPU jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.(sam/rus/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.