Kasihan, Rano Tak Pernah Diajak Koordinasi

Soal Usulan Nama Calon Sekda Banten

SERANG,SN—Sekretaris daerah (Sekda) Banten, Muhadi, tidak lama lagi bakal pensiun. Banyak rumor terkait pergantian Sekda, termasuk Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah yang telah mengusulkan tiga nama calon pengganti Muhadi tersebut.

Dilain pihak, Wakil Gubernur Banten Rano Karno, justru belum mengetahui siapa saja ketiga nama calon Sekda yang di usulkan Gubernur. Rano mengaku dirinya tidak pernah diajak koordinasi terkait nama calon yang diusulkan Atut. Dirinya mengaku selalu tidak diikutsertakan dalam roda pemerintahan Provinsi Banten. Namun Rano bersikukuh untuk melakukan lelang jabatan Sekda Banten.

“Pergantian Sekda Provinsi Banten kira-kira tinggal 4 bulan lagi. Ini memerlukan proses. Barang siapa yang Eselon II dan memenuhi syarat, silahkan mendaftar dengan ketentuan dan mekanisme, yaitu melalui Lembaga Adminitrasi Negara (LAN). Hasilnya nanti baru saya serahkan ke gubernur untuk memilih,” jelas Rano usai meresmikan masjid Jami Syubban di kampus Al-Azhar Kota Serang, Senin (28/4).

Terkait nama-nama calon Sekda yang diusulkan Atut, Rano mengaku tidak tahu dan tidak pernah merasa melihat daftar nama calon yang diusulkan Atut dari jeruji besi. “Saya tidak tau. Kalau memang ada, mungkin Bu Gubernur memiliki kebijakan lain, ya silahkan saja. Soal tiga nama yang banyak diperbincangkan, saya belum pernah diajak konsultasi dan saya rasa sudah terlalu biasa seperti itu. Kalau memang gubernur sudah mengeluarkan surat rekomendasi, buat apa saya bikin. Tapi menurut undang-undang, ini harus melalui proses lelang. Mengenai prosesnya bisa sampai tiga hingga enam bulan, makanya harus dilakukan persiapan,” tegasnya.

Seperti telah diberitakan, tiga nama calon Sekda Banten yang akan menggantikan Muhadi, telah diusulkan oleh Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Surat usulan calon Sekda itu diberikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Anwar Mas’ud dan Kepala Biro Hukum Samsir ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Kamis tanggal 24 April 2014 lalu.

Tiga nama calon Sekda Banten yakni, Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Zenal Mutaqin, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Opar Sohari, dan Kepala Dinas Pendidikan Hudaya Latuconsina. (mg-11/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.