Piala Adipura Jangan Sekadar Ajang Gengsi

TANGERANG, SNOL—Pemerintah Kota Tangerang bertekad ingin kembali meraih piala Adipura pada 2014 ini. Berbagai program dan sosialisasi terus digenjot oleh pemerintahan yang kini dinahkodai pasangan Arief R Wismansyah-Sachrudin setelah pada tahun lalu Arief yang masih mendampingi Wahidin Halim sukses menyabet Piala Adipura Kencana. Namun demikian, diharapkan agar semangat meraih Adipura tak sekadar buat menjaga gengsi kepala daerah semata.

“Semangat meraih Adipura jangan cuma buat prestise dan gengsi Walikota saja, tapi Pemkot harus bisa membangun kesadaran masyarakat untuk hidup bersih,” ujar Muhammad Sunarto (20), mahasiswa UNIS Tangerang saat dimintai tanggapannya terkait cita-cita Pemkot untuk mendapatkan penghargaan tertinggi dalam bidang kebersihan tersebut kepada Satelit News, Minggu (11/5) di Tangerang.

Sunarto juga berharap, Pemkot mampu mengubah mental para pegawainya untuk menjadikan hidup bersih sebagai budaya kerja. “Tanamkan semangat bahwa setiap hari adalah penilaian Adipura, jangan cuma karena semangat mengejar piala, apalagi sekadar mengejar reward. Kalau motivasinya dua hal itu, maka percuma. Artinya semangat menjaga kebersihan akan kendur begitu tidak ada penghargaan Adipura lagi,” terang mahasiswa Fakultas Ekonomi sementer IV ini.

Sementara salah seorang warga Benteng Makasar, Kecamatan Tangerang Ali Idrus (47) yang ditemui Koran ini di bantaran Kali Cisadane beberapa waktu lalu berharap agar setelah Festival Tangerang Bersih (FTB) 23-27 April lalu, ada aksi lanjutan yang bersifat konkret dalam menjaga kebersihan. “Kalau habis festival sampai sekarang belum ada kelanjutannya. Harusnya jangan cuma acara-acara seremoni aja,” tegasnya.

Dia berharap ada semacam kegiatan bersih-bersih massal yang digelar minimal dua minggu minggu sekali. “Kalau bisa di daerah-daerah yang rawan banjir, digilir daerah mana saja dulu,” pungkasnya. Sebelumnya, saat mengadakan kunjungan ke Kunciran Jaya, Kunciran Indah, Poris Gaga, SMUN 9, SDN Kunciran 2, dan terminal Poris Plawad, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin meminta masyarakat selalu menjaga kebersihan. Jaga selalu kebersihannya biar masyarakat yang datang semakin nyaman saat menerima pelayanan di kelurahan,” ucapnya. Selain itu, katanya Pemkot Tangerang tak henti-hentinya melakukan patroli kebersihan. (made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.