Mabes Polri Sudah Petakan Kecurangan Pilpres

JAKARTA,SNOL Mabes Polri sudah mengantisipasi kerawanan dan kecurangan pada pemilihan presiden dan wakil presiden 9 Juli 2014 mendatang.
Baik di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), hal ini belajar dari pemilihan legislatif 9 April kemarin.
“Kecurangan dan kerawanan di TPS, PPS dan PPK sudah kami petakan, dan itu bagian kerawanan yang arus kita lakukan pencegahan supaya tidak ada kegiatan pelanggaran serupa yang terjadi di pilpres nantinya,” ungkap Kapolri Jenderal Sutarman, di Mabes Polri, Jumat (16/5).
Meski begitu, Polri bukan lan yang menentukan pemilu berkualitas. Lantaran, kata Sutarman, Polri hanya menjaga aspek pengamannya saja.
“Kami akan melakukan langkah-langkah pengamanan, mulai nanti pendaftaran, cetak dan distribusi surat suara, pengamanan kampanye, minggu tenang, dan pencoblosan sampai perhitungan suara di TPS sampai KPU Pusat,” jelasnya.
Untuk jumlah personel diterangkan Kapolri, tidak akan berubah dari pileg lalu yang berjumlah sekitar 400 ribu personel, karena TPS tidak jauh berbeda, kecuali ada penambahan TPS termasuk yang di luar negeri.
“Kami siapkan di beberapa negara. Ada Hongkong, Malaysia, Arab Saudi dan negara lainnya,” pungkas Jenderal Sutarman.(rus/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.