Amir Hamzah Sebut Suap Akil Inisiatif Susi

JAKARTA,SNOL Mantan calon Bupati Lebak, Banten, Amir Hamzah mengaku dirinya yang berinisiatif melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lebak.
“Itu inisiatif saya,” kata Amir saat bersaksi dalam persidangan terdakwa kasus dugaan suap penanganan sengketa Pilkada Lebak Ratu Atut Chosiyah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa (20/5).
Namun demikian, Amir membantah menjadi pihak yang berinisiatif memberikan suap kepada Akil Mochtar yang kala itu menjabat sebagai Ketua MK. Menurutnya, pemberian suap kepada Akil merupakan inisiatif dari advokat Susi Tur Andayani.
Susi merupakan pengacara yang ditunjuk Amir terkait penanganan sengketa Pilkada Lebak di MK. “Itu (inisiatif) Bu Susi. Saya tidak tahu,” ujar Amir.
Atut yang diberi kesempatan bertanya kepada Amir menanyakan apakah dirinya setuju atau melarang gugatan Lebak.
“Apakah saya setuju atau melarang pada saat bertemu dengan saya melakukan gugatan Lebak, karena selisih suara yang cukup besar,” kata Atut.
“Betul tidak setuju,” kata Amir menjawab pertanyaan Atut.
Seperti diketahui, dalam surat dakwaan, Atut disebut bersama-sama dengan adiknya Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan memberikan suap senilai Rp 1 miliar ke Akil yang kala itu menjadi Ketua MK. Uang tersebut untuk memuluskan perkara Lebak yang diajukan oleh Amir Hamzah melalui Susi Tur.(gil/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.