Puluhan Siswa SDN Ikut UN di Sekolah Tetangga

SERANG,SNOL– Senin kemarin adalah hari pertama ujian nasional (UN) untuk siswa tingkat sekolah dasar (SD). Persiapan untuk melaksanakan UN ini sudah dilakukan jauh-jauh hari, agar pelaksanaannya berjalan lancar.

Namun hal lain dialami murid SDN 3 Ciruas Kabupaten Serang. Sebanyak 94 siswa SDN Ciruas 3, Desa Pelawad Kecamatan Ciruas, terpaksa harus menumpang ikut UN sekolah lain, yakni di SDN Taman Ciruas Permai (TCP) selama tiga hari dari Senin-Rabu (19-21/5). Sebab, sejumlah ruang kelas di sekolah mereka belum diperbaiki pasca ambruk pada Desember 2013.

“Alhamdulillah lancar, tidak ada hambatan walaupun numpang di sini (SDN Taman Ciruas Permai),” kata Kepala SDN Ciruas 3 Yayah Asiah saat ditemui usai ujian di SDN TCP, Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Senin (19/5).

Hari pertama ujian ini mata pelajaran yang diujikan adalah bahasa Indonesia. Ujian itu dimulai pukul 08.00 sampai 10.00 WIB. Total siswa yang mengikuti ujian di SDN TCP sebanyak 111 orang, terdiri atas 94 orang dari SDN Ciruas 3 dan 17 orang dari SDN TCP.

Menurut Yayah, meski ujian SDN Ciruas 3 menumpang ke SDN TCP, tapi secara administrasi ujian ini dilakulan oleh sekolah masing-masing. Pengiriman lembar jawaban ujian dilakukan oleh masing-masing sekolah.

Bahkan standar kelulusan SDN Ciruas 3 tahun ini naik daripada tahun lalu. Misalnya, mata ujian bahasa Indonesia dari 6 menjadi 6,25, matematika dari 5,5 menjadi 5,75, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dari 5,75 menjadi 6.

Sementara itu, Kepala SDN TCP Nining Asikah mengatakan, jumlah ruang ujian di sini sebanyak enam ruang, tapi untuk peserta dari SD-nya hanya satu ruang dengan jumlah 17 siswa. “Sejauh ini ujian berjalan lancar, tidak ada kekurangan soal, tidak ada juga kesalahan soal,” pungkasnya.

Salah satu murid SDN 3 Ciruas, Ayu mengatakan, di hari pertama ini dirinya dapat mengerjakan soal dengan lancar, walaupun tempatnya bukan disekolah sendiri. “Tadi pelajaran bahasa Indonesia, Alhamdulillah terisi semua soal di UN,” tuturnya. Saat ditanya mengenai tempat UN yang menumpang di sekolah lain, Ayu merasa tidak ada masalah, karena sekolah SDN TCP tak berapa jauh dari lokasi tempat tinggalnya. “Teman-teman disini juga udah kenal karena rumahnya deket,” katanya saat ditemui usai UN.

Sekedar informasi proyek perbaikan (rehabilitasi) SDN Ciruas 3 itu sudah diumumkan lelangnya secara elektronik di website lelang Pemkab Serang sejak 14 Mei sampai 25 Mei 2014. Dari website yang beralamat www.1pse.serangkab.go.id, HPS proyek itu sebesar Rp490 juta. Proyek itu dibiayai dari dana APBD Kabupaten Serang Tahun Anggaran 2014. (mg11/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.