Caringin & Cibaliung Bakal Lepas Dari Pandeglang

PANDEGLANG,SNOL— Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) RI mengingatkan Pemkab Pandeglang agar mempersiapkan segala sesuatunya sebelum membentuk daerah otonomi baru (DOB). Diantaranya Personil, Pembiayaan, Pemberdayaan aset dan Dokumen (P3D).

“Selain itu, Aspirasi yang masuk harus diiringi dengan semangat dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Asisten Deputy (Asdep) Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Otda) Kemenkumham Imam Syafii, saat koordinasi rencana pembentukan daerah otonom Caringin dan Cibaliung.

Hasil dari koordinasi itu akan disampaikan dalam pertemuan bersama dengan DPR RI, DPD dan para pihak terkait lainnya. “Kami menunggu undangan dari DPR RI dan DPD, dan Presiden menugaskan 3 menteri dalam hal ini, Menteri Hukham, Menteri Keuangan, dan Mendagri. Kami hanya mengkoordinasikan saja,” kata Imam Syafii, Jum’at (30/5).

Mengenai keputusannya ada di lembaga legislatif, dalam hal ini DPR RI dan DPD. Pemerintah, secara bersama-sama membantu realisasi DOB tersebut, sebagaimana diamanahkan dalam PP 78 tahun 2012, yang mengatur tata cara pembentukan, penghapusan dan penggabungan.

Pihaknya juga menghimbau, terbentuk ataupun tidaknya DOB itu inti dari sebuah pemerintahan adalah mensejahterakan masyarakatnya. Oleh karena itu, pihaknya sangat berharap menuju pembentukan DOB Caringin-Cibaliung itu, kondisi masyarakat harus tetap kondusif. “Solusi pemekaran, diharapkan bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Semua pihak juga harus memberdayakan dan memnfaatkan potensi yang dimiliki. Baik potensi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA). Sebelum daerah otonom dibentuk, maka semua persoalan serta potensi konflk harus sudah selesai. Seperti, persoalan batas wilayah, potensi dan beberapa hal lainnya.

Dengan keluarnya Amanah Presiden (Ampres), artinya proses itu sudah berjalan. Tak kalah penting juga harus dibarengi dengan keyakinan untuk sama-sama maju dan berkembang. Sehingga dalam pelaksanaannya nanti ada kebersamaan dan menadapat dukungan dari semua pihak terkait.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pandeglang Dodo Juanda mengatakan, jika memang semua administrasi dan persyaratannya lengkap, maka soal pembiayaan akan disiapkan. Kemungkinan tahun 2015 akan masuk rencana pembiayaan untuk DOB itu. “Kabupaten induk prinsipnya sudah siap, secara Pembiayaan, Personil dan Dokumen, semuanya sudah dilengkapi,” ungkapnya. (mardiana/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.