Ribuan Warga Terjaring Yustisi

CIPUTAT,SN— Sebanyak 3.672 warga, terperiksa dalam operasi Yustisi atau pemeriksaan Kartu Tanda Penduduk (KTP), di Jalan Laksamana RE Martadinata Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Jumat (30/5).

Sejak pukul 08.00 pagi, operasi Yustisi dilakukan Pemkot Tangsel melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Pengendara yang melintas di jalan utama tersebut diwajibkan berbelok terlebih dulu ke area parkir Carrefour, untuk diperiksa apakah para mereka membawa KTP atau e-KTP asli atau tidak.

“Sesuai Perda 9 Tahun 2011 Tentang Administrasi Kependudukan, setiap warga yang keluar rumah wajib membawa kartu tanda penduduk atau KTP. Jika tidak, masih diatur di Perda yang sama, warga akan disidang pidana ringan (Tipiring),” ungkap Kadisdukcapil Kota Tangsel, Toto Sudarto, Jumat (30/5).

Dengan melibatkan Kejaksaan dari Kejari Tigaraksa Kabupaten Tangerang, warga yang kedapatan tak membawa KTP ataupun membawa KTP namun masa berlakunya habis, akan langsung kena Tipiring. Tak main-main, denda yang dikenakan pun lumayan menguras kantong. Maksimal Rp50 ribu untuk WNI dan Rp100 ribu untuk WNA.

Pada operasi Yustisi di Kecamatan Ciputat kemarin, tercatat dari ribuan tersebut ada 93 warga asal Tangsel maupun warga luar wilayah, kena Tipiring. Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan pada Tipiring Yustisi di kecamatan Ciputat Timur pada dua hari sebelumnya, yang berhasil menindak 96 warga yang lalai tak membawa KTP. Aksi operasi ini, akan terus gencar diadakan di lima kecamatan lain hingga setelah lebaran nanti.

“Ini untuk menghindari adanya penduduk gelap, terlebih jelang Pilpres begini. Selain pastinya, menanamkan kesadaran warga untuk membawa KTP ketika keluar rumah,” pungkas Toto.

Dilain pihak, dikatakan seorang warga asal Jakarta Selatan (Jaksel), Marianah (50) yang akan pergi ke Parung Kabupaten Bogor, mengaku kaget dengan adanya operasi Yustisi ini. Bahkan dia mengaku baru sekali ini merasakan operasi identitas kependudukan itu. “Baru tahu saya, di Jakarta jarang aksi begini. Saya lupa bawa KTP tadi, makanya ikut disidang tadi,” akunya sembari bergegas pergi. (pramita/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.