60 Personel Satlantas Siap Amankan Jalur Penting

PANDEGLANG,SN—Sedikitnya 60 personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pandeglang, disiagakan untuk mengurai jalur atau mengantisipasi kemacetan yang dimungkinkan akan terjadi selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2014. Sebab pada saat bersamaan, pada bulan itu bertepatan dengan liburan sekolah, yang biasanya digunakan untuk berlibur dan berwisata ke sejumlah lokasi wisata.

Selama bulan Ramadhan, biasanya jalan raya dipadati oleh masyarakat yang hendak menghabiskan waktunya menunggu waktu berbuka puasa atau dikenal dengan “ngabuburit”. Oleh karena itu, sejumlah titik seperti Alun-Alun, Pasar Badak Pandeglang, Pasar Mengger, Batu Bantar, perempetan Ciherang, pasar Cadasari dan beberapa lokasi lainnya, menjadi perhatian khusus pihak kepolisian.

Kasat Lantas Polres Pandeglang AKP Adrian SY Tuuk mengatakan, selain menempatkan sejumlah anggota di titik – titik rawan kemacetan, pihaknya juga akan menempatkan anggotanya di lokasi yang tergolong rawan kecelakaan, seperti jalur AMD Lintas Timur, Mengger – Caringin dan lokasi lainnya.

Katanya, kepadatan jalur di wilayah Pandeglang sudah terlihat dalam beberapa hari ini. Karena, masyarakat yang hendak berlibur ke sejumlah lokasi wisata khususnya wisata Pantai Carita dan wisata kolam renang. “Ini musim liburan anak sekolah, jadi wajar kalau masyarakat banyak yang berlibur ke lokasi wisata. Apalagi menghadapi bulan puasa,” tambahnya.

Lebih lanjut pria yang baru bertugas sehari sebagai Kasat Lantas di Polres Pandeglang ini mengaku, langsung berkoordinasi intensif dengan seluruh jajaran di lingkungan Polres dan sejumlah stakeholder lainnya. Karena disadarinya betul, bahwa tugas Polantas bersentuhan langsung dengan masyarakat dan seluruh komponen.

Ditambahkannya lagi, keberadaan Pos Penjagaan dan Pengaturan (Gatur) milik Polres Pandeglang diupayakan akan ditingkatkan, sehingga bisa mengurai kelancaran lalu lintas dan arus kendaraan di jalan raya. Pihaknya juga berkomitmen, akan menekan angka kecelakaan lalu lintas. “Ini tugas berat, kita harus berkoordinasi dengan seluruh komponen. Saya sudah sampaikan ke seluruh jajaran anggota saya. Dan kami berharap, ke depan kinerja Satlantas lebih baik,” ungkapnya.

Ditambahkan Kaur Lantas Polres Pandeglang Ipda M. Syuaib mengatakan, monitoring dan survei jalur sudah dilakukan di awal-awal memasuki bulan Ramadhan ini. Termasuk jalur alternatif wisata yang merupakan jalur teramai yang akan dilintasi para pemudik, baik saat arus mudik maupun arus balik.

“Kami juga akan memantau dua jembatan di Mandalawangi dan Jiput, yang pembangunannya tak kunjung selesai sejak tahun 2013 lalu. Karena, kalau dua jembatan itu tak selesai atau tidak dilanjutkan, maka akan terjadi kemacetan di jalur alternatif wisata tersebut,” paparnya. Dijelaskannya, untuk mengurai dan demi kelancaran jalur lalu lintas menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2014. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dishubkominfo dan aparat terkait lainnya. (mardiana/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.