Jumlah Pengguna Ferry ASDP untuk Mudik Meningkat 5 Persen

f_mudikJAKARTA,SNOL Jumlah pemudik yang menggunakan jasa PT ASDP Indonesia Ferry pasa Lebaran tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry, Danang S Baskoro menyatakan, layanan yang disediakan perusahaan BUMN itu itu memang mengalami perbaikan dari tahun sebelumnya. Menurutnya, perbaikan terjadi baik dalam hal keamanan, kecepatan pelayanan di pelabuhan maupun kenyamanan bagi pengguna jasa.

“Angkutan Lebaran tahun 2014 ini lebih baik, aman, lancar, zero accident (tanpa kecelakaan, red). Penumpang tidak ada yang jatuh pingsan karena antre atau kepanasan di pelabuhan maupun kapal, serta bebas copet,” ucap Danang dalam siaran persnya, Jumat (8/8).

Lebih lanjut Danang merinci jumlah pemudik yang dilayani ASDP meningkat rata-rata 5,17 persen di lintasan-lintasan utama penyeberangan. Misalnya di Merak-Bakauheni, Ujung Kamal, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Bajoe-Kolaka, dan Panajam di Balikpapan dan Tanjung Kalian di Bangka.

Dari catatan ASDP sejak H-7 hingga H+7, penumpang yang telah menggunakan jasa ferry perusahaan pelat merah itu mencapai 3.556.695 orang. “Jumlah itu meningkat dari tahun 2013 lalu yang menyeberangkan 3.381.802 penumpang,” beber Danang.

Peningkatan juga terjadi untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Untuk roda dua terjadi kenaikan sebesar 6,82 persen dari 418.243 unit pada tahun 2013 menjadi 446.762 unit kendaraan pada Lebaran tahun ini. Sedangkan untuk kendaraan roda empat meningkat 8,78 persen dari 381.930 unit pada 2013 menjadi 415.477 unit.

Menurut Danang, salah satu bukti peningkatan dan perbaikan penyelenggaraan angkutan mudik 2014 dapat dilihat dari lancar dan teraturnya Pelabuhan Merak saat puncak arus mudik. “Situasi di Pelabuhan Merak tetap lancar terkendali, tidak ada kepadatan ataupun antrean kendaraan yang panjang, dan dalam waktu singkat pemudik dapat masuk ke dalam kapal untuk diseberangkan menuju ke Pulau Sumatera,” katanya.(chi/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.