Koalisi Masyarakat Sipil Tolak Ribka Tjiptaning jadi Menkes

JAKARTA,SNOL Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Kesehatan menolak Ribka Tjiptaning menjadi Menteri Kesehatan.

Hal ini mengingat politikus PDI Perjuangan yang memimpin Komisi 9 DPR itu sudah melakukan kampanye dan menawarkan diri untuk bergabung dalam kabinet calon presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi).

“Kami harapkan Jokowi tidak memilih Ribka jadi menteri kesehatan. Ribka Tjipating, dia sudah menawarkan diri, mulai berkampanye, kami menilai dia tidak layak jadi menteri kesehatan,” kata mantan Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Kartono Muhammad, Jumat (8/8).

Pernyataan ini dikatakannya dalam konferensi pers koalisi yang terdiri dari Indonesia Corruption Watch, Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Jaringan Pengendali Tembakau Indonesia, Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia (YLKI), dan YLBHI, di kantor ICW Kalibata, Jakarta Selatan.

Konferensi pers tersebut sebenarnya memaparkan tetang usulan Kriteria Menteri Kesehatan versi masyarakat sipil. Namun, karena sudah ada pihak yang menawarkan diri, koalisi memandang Ribka bukan sosok yang pas memimpin Kemenkes.

Dikatakan Prof Kartono, dilihat dari konsep yang ditawarkan Ketua DPD PDIP Jawa Barat itu sebagai kandidat Menkes, koalisi melihatnya tidak realistis. Ribka menjanjikan menyediakan pengobatan gratis untuk masyarakat jika dipercaya menjadi Menkes.

“Politis memang menarik, tapi realistis tidak. Siapa yan akan membiayai (pengobatan gratis), negara? Kalau banyak rakyat sakit akan semakin mahal biayanya. Inflasi juga mempengaruhi harga obat,” tegasnya.(Fat/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.