DPRD Janji Tidak Tebang Pilih

SERANG,SNOL– Fit and propertes (uji kelayakan dan kepatutan) calon anggota Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Banten periode 2015-2018, yang dilakukan oleh anggota Komisi I DPRD Banten, dipastikan akan dilaksanakan bulan Ramadhan 1436 Hijriyah mendatang. Saat ini, legislatif sedang melakukan uji publik.

Seperti diketahui, Tim Seleksi (Timsel) Calon KPID sudah menyampaikan 52 nama calon KPID berdasarkan perankingan. Dewan akan memilih 14 atau 21 orang untuk diikutkan dalam uji kelayakan dan kepatutan yang kemudian diambil 7 orang anggota KPID Banten devinitif masa bakti 2015-2018.

Ketua Komisi I DPRD Banten, Zaid El-Habib mengatakan, para peserta calon KPID dilakukan uji publik selama 15 hari kerja, sejak diumumkan di media massa pada Rabu (3/6) lalu. Dalam uji publik ini, pihaknya menerima masukan dari warga terkait track record (rekam jejak) para calon.

“Bisa saja masukan dari masyarakat menjadi pertimbangan kami, untuk meloloskan ke tahap selanjutnya atau tidak,” kata Zaid, Jumat (5/6).

Pihaknya tidak akan gegabah dalam melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap para calon KPID Banten tersebut, mengingat mereka nantinya akan mengawasi lembaga penyiaran seperti media cetak elektronik (televisi dan radio) di Banten, apalagi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang.

“Dalam melakukan uji kelayakan dan kepatutan, kita akan mengacu pada UU Nomor 32 Tahun 2000, tentang Penyiaran,” ujar Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tangsel ini.

Wakil Ketua DPRD Banten, Nuraeni mengaku, optimis pada awal Juli 2015 mendatang KPID devinitif masa bakti 2015-2018 bisa ditetapkan, sehingga bisa langsung bekerja sebagaimana mestinya. “Dalam seleki nanti, dewan tidak akan diskriminatif. Apakah yang bersangkutan berasal dari pelamar umum, atau calon petahana. Semuanya memiliki kesempatan yang sama,” imbuhnya. (ahmadi/mardiana/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.