Satpol PP Se-Indonesia Minta Diangkat PNS

JAKARTA,SNOL—Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang tergabung dalam Forum Komunikasi Satpol PP se Indonesia meminta untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal itu diungkapkan dalam kegiatan audiensi oleh Komisi II DPR RI, Kamis (4/6).


Forum Komunikasi Satpol PP Se indonesia dipimpin oleh M. Riswan dari satpol PP Pemda DKI Jakarta. Sedikitnya lebih dari 100 orang perwakilan berbagai Provinsi dan kabupaten/kota yang hadir dipertemuan tersebut, termasuk Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang. Mereka diterima oleh Pimpinan Komisi II DPR RI, Wahidin Halim (Demokrat) dan Lukman Edy (PKB ) di ruang KK3 Nusantara.
Wakil Ketua Komisi II DPR-RI, Wahidin Halim mengatakan, pihaknya dapat memahami dan menerima aspirasi Forum Komunikasi Satpol PP se indonesia. Adapun terkait dengan honorarium dan status kepegawaian akan ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“Kami akan membahas secara intensif di internal melalui Panja Aparatur Sipil Negara,” kata pria yang pernah menjabat Walikota Tangerang selama dua periode ini.
Forum Komunikasi Satpol PP, melalui juru bicaranya, Riswan mengatakan, pihaknya memohon agar nasib Satpol PP yang belum jelas status dapat diperjelas dalam nomenklatur kepegawaian dan dapat diangkat menjadi PNS. Lalu memohon agar ada penyesuaian payung hukum yang dapat melindungi dan menjamin status Satpol PP.
“Kita juga ingin meningkatkan kesejahteraannya karena selama ini telah lama mengabdi dan bekerja siang malam pada pemda masing-masing,” ucapnya.
Edi, salah seorang Satpol PP dari Pemkot Tangsel yang ikut hadir mengatakan bahwa status dirinya selama ini hanya bermodalkan SK dari Kepala Satuan dengan honor perhari 86 ribu terhitung selama 20 hari kerja. Karena Pemerintah di daerah memiliki kewenangan yang terbatas dalam hal kepegawaian ini.
“Maka kami meminta agar Komisi II mendesak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) untuk mem buat regulasi yang bisa mengakomodir status kepegawaian kami,” tuturnya. (uis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.