Ratusan Sopir Angkutan Jalani Tes Urin

LEBAK,SNOL– Sedikitnya, 100 orang pengemudi kendaraan roda empat, di wilayah Lebak mengikuti tes urine yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten, di Terminal Mandala, Desa Kadu Agung Barat Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak,  Senin (6/7). Berdasarkan hasil uji laboratorium, tak ada satupun sopir yang dinyatakan positif menggunakan narkoba.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi BNN Provinsi Banten, Agus Mulyana menyatakan, tes narkoba yang dilakukannya itu dalam rangka antisipasi dan pencegahan dini menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama arus mudik, dan balik lebaran 1436 Hijriyah.

“Ini giat kedua kalinya yang kami lakukan, mengingat masih adanya laporan ke BNN terkait kecelakaan lalulintas (lalin) di Lebak, akibat pengendara mengkonsumsi narkoba. Setelah kita tes, hasilnya semuanya negative,” kata Agus, Senin (6/7).

Jika kedepan ditemukan ada sopir yang terindikasi mengkonsumsi narkoba, BNN akan berkoordinasi dengan aparat Polres Lebak. “Surat Izin Mengemudi (SIM) nya tentu akan kita ambil, dan si sopir tersebut akan kita rekomendasikan untuk dirawat di pusat rehabilitasi kecanduan narkoba,” tambahnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Lebak, AKP Nurpriyanto, menyambut baik dengan kegiatan tes urin yang dilakukan BNN Provinsi Banten. Ia berharap, kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan menjelang arus mudik saja. “Kalau bisa pemeriksaan ini terus dilakukan rutin, bukan hanya momen tertentu semacam ini,” harapnya.

Sementara, beberapa sopir yang mengikuti tes urin mengaku, tak keberatan dengan kegiatan tersebut. Meski begitu, mereka berharap ke depan ada sosialisasi terlebih dahulu. “Awalnya kami tidak tahu ada tes urine ini. Namun, saya ikutan karena teman-teman sopir yang lain juga ikut,” ujar Solihin (41), sopir jurusan Rangkasbitung – Pandeglang. (ahmadi/mardiana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.