ICMI Minta Track Record Calon Sekda Dikupas

SERANG,SNOL—Meski Walikota Serang belum mengumumkan anggota Pansel lelang Sekda Kota Serang, namun sejumlah elemen masyarakat mengingatkan kepada Pansel untuk mengupas rekam jejak atau track record para pejabat yang akan menduduki jabatan eselon I itu.

Hal ini diungkapkan Ketua Ikatan Cendikia Muslim Indonesia (ICMI) Kota Serang Rohman. Menurutnya, rekam jejak calon Sekda harus dikupas tuntas terkait kinerjanya dimasa lalu. Calon Sekda juga harus benar-benar siap menjalankan program pemerintahan dengan sepenuh hati. “Harapan kita sebagai masyarkaat, nanti Pansel harus benar-benar Netral. Tidak condong kepada salah satu calon, namun tetap kritis terhadap para calon,” kata Rohman, Minggu (06/7).

Rohman mencontohkan, Kepemimpinan Asda I Setda Kota Serang, Kosasih saat menjadi Kepala Dinkes Kota Serang tidaklah terlalu mulus. Pasalnya lebih dari 20 ribu atau 50 persen premi Jamkesda atau yang kini disebut BPJS Kesehatan, tidak terserap pada tahun anggaran 2014. Padahal, masyarakat miskin di Kota Serang amat membutuhkannya. Walhasil, anggaran lebih dari Rp5 miliar tidak tersalurkan dengan baik. “Ini salah satu contoh saja, karena calon Sekda yang lainnya pun saya kira memiliki kekurangan yang serupa. Intinya, calon Sekda harus benar-benar dapat menggulirkan program pemerintah yang telah dicanangkan,” katanya.

Kinerja Dinkes Kota Serang saat dijabat Kosasih sempat disoroti serius oleh pimpinan DPRD Kota Serang. Bambang Janoko misalnya, Politisi PDI Perjuangan ini mengaku sejak awal tahun anggaran dirinya sudah mengingatkan pejabat Dinkes untuk dapat menyalurkan Jamkesda dengan baik. “Memang dari awal sudah saya tekan. Jamkesda harus tersalurkan. Tapi memang kenyataannya banyak Silpanya,” kata Bambang, beberapa waktu lalu.

Terkait dengan disorotinya rekam jejaknya saat menjadi Kepala  Dinkes, hingga berita ini dituliskan, Kosasih belum juga dapat dikonfirmasi. Baik melalui telepon selulernya maupun pesan singkatnya. (mg30/mardiana/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.