Kadin Sesalkan Keberadaan Tenaga Kerja Asing

SERANG,SNOL—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Serang sangat menyesalkan terhadap sikap industri yang banyak mempekerjakan tenaga kerja asing (TKA). Mengingat angka pengangguran di Kabupaten Serang cukup tinggi.“Kita sudah ketemu dengan Pejabat Bupati dan Disnakertrans untuk bagaimana melakukan sidak ke industri yang mempekerjakan tenaga kerja asing,” kata Wakil Ketua Kadin Kabupaten Serang, Sujai Sayuti.

Menurutnya, berdasarkaan peraturan perundang-undangan yang baru bahwa pekerja asing satu berbanding seribu dengan tenaga lokal. Artinya jika tenaga kerja asing satu orang maka seribu tenaga kerja lokal.

“Kalau aturan yang lama kan yang penting TKA ini punya skil saja masuk ke Indonesia. Sedangkan aturan baru ketenagkerjaan, kalau tidak salah satu berbanding seribu. Jadi disitulah perlu pengawasan bersama,” ujarnya.

Namun pihaknya tidak bisa melakukan tindakan apapun. Sebab yang berkewenangan melakukan tindakan adalah eksekutif yaitu Bupati atau Disnakertrans yang memegang kebijakan. “Kita hanya bekerjasama dan memfollow up, apa yang terjadi di lapangan kita laporkan tapi soal tindakan ada di eksekutif,” ujarnya.

Dikatakannya, dengan banyaknya tenaga kerja asing bekerja di Kabupaten Serang tentunya dapat berpengaruh terhadap tenaga kerja lokal. Akibatnya, semakin banyak pengangguran. “Bagaimanapun nasib orang lokal akan semakin  banyak lagi pengangguran. Pelaku usaha mau tumbuh makin terjepit lagi, dengan adanya permasalahan seperti itu kami menyesalkan. Meskipun kami melihat memang secara izin, TKA ini lengkap tapi secara aturan mereka berbanding terbalik,” ujarnya.

Seperti diketahu sebelumnya, sejumlah masyarakat Desa Sumur Ranja, Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang melakukan aksi unjuk rasa di depan perusahaan pengepakan semen atau PT Conch Cement Indonesia (CCI) yang ada didaerah setempat, Senin (07/9). Aksi dipicu lantaran perusahaan tersebut banyak menimbulkan gejolak yang merugikan warga sekitar. (sidik/mardiana/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.