Banten Kekurangan 183 Puskesmas

SERANG,SNOL—Hingga saat ini Provinsi Banten masih kekurangan sekitar 183 Puskesmas. Hingga kini Banten baru memiliki 204 pusat kesehatan tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Sigit Wardojo mengatakan, idealnya Puskesmas di Banten berjumlah sekitar 387 unit, karena jumlah penduduk berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten sekitar 11.600.000. Artinya, satu Puskesmas mewadahi sekitar 30 ribu penduduk. “Kalau keberadaan Puskesmas di Banten saat ini satu Puskesmas mewadahi sekitar 483.333 penduduk,” kata Sigit, Selasa (10/11).

Akibat minimnya keberadaan Puskesmas secara otomatis pelayanan kurang maksimal, sehingga sering dikeluhkan oleh warga. Minimnya keberadaan gedung Puskesmas ini hampir merata di 8 kabupaten / kota se-Provinsi Banten. “Yang sangat kekurangan Puskesmas adalah daerah yang pendududuknya padat. Diantaranya Kabupaten Serang dan wilayah Tangerang. Sedangkan untuk wilayah Pandeglang dan Lebak hanya tata letak saja, tetapi memang di dua daerah tersebut tetap harus ditambah,” kata Sigit.

Soal penanggulanggannya, pihaknya tengah mengajukan anggaran ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Ia juga berenacana memasukkan program pengadaan Puskesmas tersebut dalam APBD Banten TA 2016 mendatang. “Terkait nominal anggarannya nanti akan kita hitung,” ujar Sigit tanpa menyebut nominal ajuan anggaran pengadaan Puskesmas ke Kemenkes RI.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Banten Yoyon Sujana mengatakan, persoalan layanan kesehatan adalah hak dasar warga selain sektor pendidikan dan infrastruktur jalan. Oleh karena itu politisi asal Partai Demokrat (PD) ini meminta Dinkes Banten untuk segera mengatasi persoalan minimnya Puskesmas. “Dinkes juga tentu harus berkoordinasi dengan kabupaten/kota, agar nanti ketika ada anggaran, pembangunan Puskesmas-nya tidak mubazir dan tepat sasaran baik dari segi letak, kapasitas maupun statusnya, seperti rawat inap dan rawat jalan,” harapnya. (ahmadi/mardiana/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.