297 Pemanah Ikuti Walikota Tangsel Cup

SERPONG, SNOL Sebanyak 297 atlet panahan dari berbagai daerah turut ambil bagian pada Piala Walikota Tangsel di Lapangan Sunburst BSD, Serpong, yang berlangsung 2-4 April 2016.

Selain untuk mencari bibit potensial atlet berprestasi asal Tangsel, kejuaraan juga dimaksudkan untuk memasyarakat olahraga panahan di kota termuda di Banten ini.

Walikota Tangsel Airin Rachmy Diany mengatakan, event ini digagas sejak tahun lalu. Saat itu, Forum Masjid dan Musholla BSD (FMMB) menggelar perlombaan, salah satunya panahan. Sejak saat itu, perlombaan panahan dengan skala yang lebih luas mulai digagas.

“Sangat bagus karena jarang lomba panahan digelar oleh masyarakat,” kata Airin saat sambutan di pembukaan perlombaan.

Antusiasme peserta yang banyak, bahkan beberapa atlet datang dari Bandung, Cianjur serta Jabodetabek, dinilai Airin menandakan kesuksesan dari kegiatan ini. Dia berharap kegiatan tersebut dapat mengajarkan anak-anak ikut serta dalam kompetisi, serta dapat melatih fokus dan target tujuan yang merupakan dasar dari panahan itu sendiri.

Terkait sarana dan prasarana panahan, Airin mengakui saat ini belum tersedia. Namun sudah direncanakan untuk disediakan sarana yang representatif yang saat ini tengah dirancang pembangunan GOR. “Sarana belum ada, masih di klubnya saja yang menyediakan. Tapi kami akan bangun,” terangnya.

Asisten Deputi Bidang Peningkatan Kapasitas Pemuda Kemenpora Alman Hudri, yang hadir pada pembukaan mengapresias kegiatan yang digagas oleh masyarakat ini. “Kegiatan ini luar biasa karena yang mengadakan masyarakat,” ungkapnya.

Alman Hudri juga siap membantu sarana dan prasarana olahraga di Tangsel. “Kalau Pemda mau buat proposal ke pusat, kita akan bantu” ujarnya.

Ketua Panitia Sujatmiko mengatakan, cabang panahan sudah banyak dijadikan program ekstrakurikuler di sekolah. Namun bakat-bakat mereka belum tersalurkan karena belum ada kegiatan resmi.

“Belum ada kompetisi resmi outdoor terbesar di Tangsel, dan setelah dikomunikasikan ke Pemkot, akhirnya didukung serta diijinkan pakai nama Walikota Cup,” kata Sujatmiko.

Menurutnya, peserta yang hadir tidak hanya dari Tangsel namun juga ada dari luar kota dengan total mencapai 297 peserta.(catur/dm/satelitnews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.