Bupati Zaki Sentil Pejabat yang Tak Laporkan Harta Simpanan Isteri

TIGARAKSA,SNOL Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyentil harta simpanan istri para pegawai yang tidak dimasukan dalam laporan pajak tahunan. Dia berharap para istri pejabat yang belum melaporkan harta simpanannya dapat memanfaatkan Tax Amnesty alias pengampunan pajak.

“Kesempatan Tax Amnesty harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pegawai pemda Kabupaten Tangerang, siapa tahu ada harta yang disimpan atau dibeli oleh istri para pejabat yang belum masuk dalam laporan SPT tahunan,” Zaki Iskandar saat pembukaan Sosialisasi Tax Amnesty di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Tangerang, Tigaraksa, Rabu (14/9/2016).

Zaki menengarai, banyak pejabat yang tidak melaporkan secara persis jumlah harta kekayaannya. Hal itu terjadi lantaran yang membeli harta tersebut adalah istri pejabat tersebut, atau juga membeli rumah atau tanah tetapi dengan menggunakan nama orang lain.

“Kami  berharap para pejabat yang memiliki harta simpanan tersebut dapat melaporkannya untuk mendapatkan pengampunan pajak,”ungkapnya.

Pajak, tekan Zaki, merupakan Instrumen yang sangat penting bagi pembangunan di Kabupaten Tangerang. Karena itu Pemkab Tangerang memberikan kemudahan kepada masyarakat yang hendak membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui kerja sama dengan minimarket besar.

“Sehingga ketika masyarakat hendak membayar PBB tidak perlu kerepotan antre, dan juga dapat membayarkan dimana saja selama masih ada gerai minimarket tersebut. Terbukti hingga akhir agustus penerimaan PBB meningkat hingga 60% dari target yang ditetapkan pemerintah daerah,” pungkasnya.

Kepala Kantor Wilayah Banten Dewan Jendral Pajak, Catur Rini Widosari mengatakan salah satu tujuan program tax amnesty adalah untuk memperluas basis pajak yang saat ini sudah ada.

”Basis pajak yang baru ini menjadi dasar peningkatan jumlah wajib pajak yang berarti penambahan penerimaan pajak,”katanya

Dengan demikian, pemerintah memiliki tambahan uang segar untuk terus melakukan pembangunan infrakstuktur di Kabupaten Tangerang. Jika hanya mengandalkan pemasukan dari APBN seperti yang selama ini, pembangunan infrakstuktur didaerah mungkin akan berlangsung lama karena terbatasnya anggaran.

“Karena itu Tax Amnesty ini tujuannya adalah jangka panjang, yaitu untuk menumbuhkan potensi-potensi pajak baru yang dapat digarap oleh pemerintah. Saya berharap Semoga program amnesty pajak di kabupaten tangerang dapat  sukses, sehingga dapat menumbuhkan basis basis pajak baru” tutupnya.(sayuti/satelitnews)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.