2 Emas dari Drum Band, Awal Manis Kontingen Banten

BOGOR,SNOL Kabar baik datang dari Arena Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat. Cabang olahraga Drum Band berhasil mempersembahkan dua medali emas PON XIX melalui nomor lomba ketepatan dan ketahanan berbaris (LKKB) 2.000 meter kategori putri dan LKKB 4.000 meter putra.

Dalam perlombaan LKKB berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Rabu (14/9), tim Banten datang dengan kepercayaan diri tinggi. Mereka merupakan juara kedua secara keseluruhan pada Pra PON Jawa Barat.

Tim LKKB putri berstatus sebagai runner up pra PON ketika berlomba di Bogor. Sedangkan tim putranya merupakan urutan 8 pra PON. Selain itu, atlet sudah bekerja keras melakukan latihan sangat intensif selama dua tahun. Latihan itu telah menempa semangat tempur atlet drum band Banten.

Hasilnya pun positif. Tim putra yang berlomba di nomor LKKB 4.000 meter tak terbendung lawan-lawannya. Banten mencatat total penilaian 858.15, dengan catatan waktu 39 menit 50 detik tanpa penalti. Mereka menyingkirkan lawan kuat seperti tuan rumah Jawa Barat. Medali Perak akhirnya diraih Jawa Barat dan Perunggu diraih Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di nomor putri juga serupa. Tim Banten melaju di urutan terdepan dengan mencatat total penilaian 654.10, dengan catatan waktu 19 menit 47 detik tanpa penalti. Medali Perak diraih oleh Daerah Istimewa Yogyakarta, sementara Perunggu dibawa pulang Provinsi Nanggro Aceh Darussalam.

Keberhasilan drum band meraih dua medali emas disambut haru. Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo yang datang untuk mendampingi tim terlihat menangis bahagia. Menurutnya, ini menjadi langkah awal yang baik bagi Banten dalam PON XIX.

“Semoga apa yang diraih oleh Drum Corp Banten bisa juga diraih oleh tim cabor lain,” katanya.

Kepala Pelatih Banten DC Hari Doyo Sugiyanto menyatakan Tim Banten terus berupaya untuk menjadi yang terbaik pada event ini. Dua emas pertama ini, kata Hari Doyo, adalah hasil dari kerja keras selama dua tahun. “Ini menjadi cermin dari hasil kerja keras dan kedisplinan anak-anak terbaik Banten,” ujarnya.

Pada PON XIX Jawa Barat, cabang olah raga drum band memperebutkan 10 medali emas yang terdiri dari LKKB 2000 M Puteri, LKKB 4000 M Putera, LKKB Campuran 2000 M, LKKB Campuran 4000 M, Lomba Ber-baris Jarak Pendek (LBJP) 800 M Putera, LBJP 600 M Puteri, LBJP 800 M Campuran, LBJP 800 M Campuran.

Kemudian ada Lomba Baris Berbaris (LBB), dan Lomba Unjuk Gelar (display) yang merupakan nomor bergengsi di cabang olah raga drum band. Pada pra-PON cabor drum band di Medan, Juni 2015, Tim Banten meraih medali emas pada nomor LBB dan LUG. (gatot/satelitnews)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.