PDIP Pecat Bayu Murdani dari Ketua DPC dan Wakil Ketua DPRD Tangsel

SERPONG, SNOL Kabar mengejutkan datang dari PDIP Tangerang Selatan. Jelang pilgub Banten yang tinggal hitungan bulan, Ketua DPC PDIP Tangsel Tb Bayu Murdani dipecat dari posisinya sebagai ketua DPC. Bayu juga dicopot dari jabatannya sebagai wakil ketua DPRD Tangsel.

Lengsernya Bayu Murdani secara resmi diumumkan Ketua DPD PDIP Provinsi Banten HM Sukira di Sekretariat DPC PDIP Tangsel, Kamis (15/9). Dalam kesempatan itu SK pembebastugasan Bayu dari jabatannya dibacakan langsung oleh Sekjend DPD PDIP Banten Hery Suheri.

Dalam Surat Keputusan Nomor 146-A/KPTS/DPPP/VIII/2016, tertulis Bayu Murdani telah dibebastugaskan dari jabatannya sebagai Ketua DPC PDIP Tangsel dan juga dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD Tangsel. Dalam surat itu juga tertulis alasan pembebastugasan Bayu dari jabatannya, karena yang bersangkutan tidak mengindahkan instruksi DPP terkait pencalonan walikota-wakil walikota pada Pilkada Tangsel 2015 lalu. Posisi Bayu di DPC digantikan oleh pelaksana tugas (Plt) Ariyo Kristianto Utomo.

Pada saat proses pengukuhan Plt Ketua DPC PDIP Tangsel, sempat terjadi kegaduhan. Para loyalis Bayu menolak adanya SK tersebut sambil teriak-teriak dan memukul-mukul pintu ruang pengukuhan. Namun proses pengukuhan tetap berjalan, dan akhirnya amuk emosi massa mampu diredam meski terlihat masih tidak terima atas dilengserkannya Bayu dari jabatannya.

Ketua DPD PDIP Banten HM Sukira mengatakan, apa yang telah diputuskan itu sudah menjadi keputusan final dari DPP PDIP. “Ini semua sudah keputusan DPP, tentunya sudah melalui banyak pertimbangan sehingga DPP memutuskan ini semua,” kata Sukira.

Ketika ditanya lebih dalam apa yang menjadi kesalahan Bayu pada saat Pilkada 2015 lalu sehingga disebut tidak mengindahkan instruksi partai? Sukira enggan mengomentari lebih jauh. “Kalau itu jangan komen di sini ya,” tuturnya.

Namun dari informasi yang beredar bahwa Bayu Murdani tidak total dalam proses pemenangan pasangan Arsid-Elvier pada Pilkada Tangsel lalu.

Sukira berharap Plt Ketua DPC PDIP Tangsel terpilih mampu sesegera mungkin melakukan konsolidasi internal untuk membuat partai jauh lebih kondusif lagi. “Saya berharap segera konsolidasi internal dan menyusun program ke depannya,” imbuhnya.

Plt Ketua DPD PDI Perjuangan Tangsel Ariyo Kristianto Utomo, mengaku akan segera menggelar rapat perbaikan dan merangkul kembali seluruh kader PDIP Tangsel. “Ini kan hanya dinamika politik, yang pasti akan kita rangkul semuanya karena kita semua ini saudara,” ujarnya.

Pihaknya juga akan menyusun beberapa program kerja ke depannya sampai ada Ketua DPC PDIP definitif. “Akan banyak program yang saya kerjakan, sampai akhirnya nanti ada ketua definitif,” tambahnya.

Sedangkan Bayu yang juga hadir dalam pengukuhan tersebut, ketika dimintai tanggapannya enggan berkomentar. Bayu terlihat masih tidak terima atas keputusan tersebut. (catur/jarkasih/satelitnews)

Satu tanggapan untuk “PDIP Pecat Bayu Murdani dari Ketua DPC dan Wakil Ketua DPRD Tangsel

  • Selasa 20 September 2016 pada 9:45 pm
    Permalink

    Tingal enak duduk manis di kursi baru tanpa ngrintis

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.