12 Pahlawan Nasional Jadi Gambar Utama pada Uang Rupiah

JAKARTA,SNOL Kementerian Sosial (Kemensos) tahun ini mengusulkan 12 gambar pahlawan nasional untuk gambar utama pada mata uang rupiah kertas dan logam.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Kemensos Hartono Laras menegaskan, 12 gambar pahlawan tersebut telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Rupiah Kertas dan Logam.

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak Bank Indonesia (BI) sebagai pencetak uang negara,” ujar Hartono Laras, Kamis (22/9).

Hartono menyebutkan, 12 nama pahlawan nasional tersebut meliputi: Soekarno dan Moh Hatta, Djuana Kartawidjaja, G.S.S.J Ratulangi, Frans Kaisiepo, Idham Chalid, Mohammad Hoesni Thamrin, Tjut Meutiah, I Gusti Ketut Pudja, Tahi Bonar Simatupang, Cipto Mangunkusumo dan Herman Johanes.

“Misalkan saja Soekarno-Hatta pada pecahan uang Rp 100 ribu, Djuana Kartawidjaja pada pecahan Rp 50 ribu hingga Herman Johanes pada pecahan uang logam Rp 100,” terangnya.

Menurut Hartono, pecahan mata uang rupiah dengan 12 gambar pahlawan nasional tersebut akan dikeluarkan pada tahun ini. Bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016. (nas/iil/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.