Rano Pilih Embay, Besok Deklarasi di Stadion Ciceri Kota Serang

SERANG,SNOL Yang ditunggu akhirnya terjawab. Calon petahana Rano Karno memilih tokoh masyarakat Banten Embay Mulya Syarif untuk menjadi pendampingnya di ajang Pilgub Banten 2017.

Duet pasangan ini sempat urung disebut saat pengumuman calon kepala daerah dari DPP PDIP yang diumumkan pada Rabu (20/9) malam kemarin. Saat itu, pengumuman yang dibacakan Sekjend DPP PDIP Hasto Kristiyanto tidak menyebut bakal calon yang mendampingi Rano. Hasto beralasan, calon wakil Rano masih menunggu dari PPP sebagai teman koalisi PDIP di Pilgub Banten 2017.

Pasangan yang diusung PDIP, PPP dan Nasdem ini akan dideklarasikan pada Jumat (23/9) besok di Stadion Ciceri Kota Serang. Setelah itu, mendaftar ke KPU Banten di Jalan Syeh Nawawi Albantani Nomor 7A, Serang, sore harinya.

Ketua PPP Banten Agus Setiawan mengakui nama Embay Mulya Syarif mencuat untuk mendampingi Rano. “Kalau sosok sih, kita oke-oke aja. Haji Embay tokoh yang mumpuni, saleh, nyambung dan perhatian besar ke PPP,” kata Agus Setiawan.

Meski begitu, pihaknya mengaku bahwa semua sedang tahap finalisasi antar DPP. “Kalau DPP mengeluarkan keputusan apapun, itu mekanisme semua partai. Konstitusi PPP melaksanakan seluruh keputusan DPP, itu level hukum,” tegasnya.

Sekretaris DPD PDIP Banten, Eri Suheri, Rabu (21/9) mengatakan, calon pendamping Rano masih dibahas dengan PPP dan Nasdem. “Jumat (besok, red) bada salat Jumat, kami akan deklarasi dan baru diketahui siapa calon wakilnya,” katanya.

PDIP, kata dia, masih membuka kemungkinan berkoalisi dengan partai lain, selain dengan parpol yang sudah berkoalisi sebelumnya. “Kalau ada partai yang belum koalisi dengan yang di sana (WH-Andika), berarti koalisinya dengan kami. Lihat saja Jumat nanti,” katanya.

Jika benar Embay Mulya Syarief akan mendampingi Rano Karno dalam Pilgub Banten 2017, maka diyakini akan merepresentasikan tokoh masyarakat Banten dari sisi ulama.

“Pengabdian H Embay untuk masyarakat Banten tidak diragukan lagi. Kita ketahui Rano Karno dikenal sebagai figur antikorupsi. Dia berhasil menggandeng KPK dalam meminimalisir praktek korupsi di Banten. H Embay tokoh masyarakat Banten, cendekiawan dan sangat sederhana. Kalau memang benar PDIP memilih Pak H Embay, ini pasangan yang bisa sejalan karena dike-nal sebagai figur antikorupsi,” kata Usep Mujani, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Lebak, Banten.

Sementara itu, pengamat politik Unma Banten Ali Nurdin mengatakan, sosok Embay Mulya Syarif merupakan pilihan terbaik bagi Rano. Di lihat dari ketokohan, Embay dikenal sebagai salah seorang tokoh pendiri Banten dan terus mengawal pembangunan di Banten.

“Ketokohan bagus, pengalaman juga bagus. Embay juga memiliki ja-ringan luas dan kuat di Banten, baik di kalangan ulama maupun jawara,” katanya.

Karena kuatnya jaringan, kata Wakil Rektor Unma Banten itu, kehadiran Embay diprediksi akan mampu menembus kantong-kantong politik keluarga Ratu Atut Chosiyah. Dari sisi logistik, Embay juga tidak akan kesulitan, karena didukung sejumlah pengusaha, khusunya pengusaha di Banten. (rus/aep/dm/bnn/net/satelitnews)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.