Mendagri: PDAM Wajib Berikan Layanan Terbaik Ke Rakyat

JAKARTA,SNOL Pemerintah harus memberikan program air bersih gratis buat warganya di tiap daerah. Sebab, air merupakan kebutuhan dasar manusia yang sudah sewajarnya disediakan pemerintah.

“Pemerintah harus mampu memberikan kebutuhan dasar untuk air bersih. Kita tekankan adanya sinergi antara perusahaan air minum, baik swasta maupun daerah, untuk memberikan kualitas layanan terbaik bagi masyarakat,” kata Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Jumat (23/9).

Tjahjo berharap, air bersih diberikan secara gratis, seperti halnya pendidikan dan kesehatan. Sebab, Tjahjo masih menemui masyarakat harus membayar untuk air bersih yang lancar.

“Pendidikan gratis, kesehatan gratis, harusnya ada air gratis juga. Sebab, di beberapa daerah, masyarakat yang harus membayar pun terkadang tak mendapat aliran yang stabil. Ini harus jadi perhatian,” tegasnya.

Ketua Dewan Pembinaan Daerah Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (DPD PERPAMSI) Provinsi DKI Jakarta, Erlan Hidayat mengatakan, diperlukan sinergi yang kuat seluruh PDAM untuk dapat melayani masyarakat dalam mengakses air minum serta dapat memenuhi target pencapaian yang diberikan pemerintah.

“Dengan mengajak para pemangku kepentingan untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam pengelolaan air sehingga dapat meningkatkan pelayanan,” demikian Erlan.(sam/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.