Bupati Zaki Apresiasi Relawan Pesisir Mengajar

TIGARAKSA,SNOL Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengapresiasi keikutsertaan para relawan yang bergabung kedalam program Pesisir mengajar yang digarap Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK), Kabupaten Tangerang.

Apa yang dilakukan para relawan tersebut diharapkan bisa membantu program Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam membangun wilayah serta sumber daya manusianya di wilayah pesisir Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Tangerang.

Zaki menjelaskan dari jumlah penduduk Kabupaten Tangerang yang mencapai lebih dari 3 juta jiwa, sebanyak 7 persen di-antaranya berada dalam garis kemiskinan. Mereka mayoritas berada di wilayah pesisir Pantura. Itulah yang mendasari Pemkab Tangerang untuk membuat program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan) untuk mengetaskan masalah kemiskinan di wilayah Pantura.

“Untuk membangun wilayah tidak bisa dilakukan oleh pemerinta semata, tetapi memerlukan dukungan dari semua pihak termasuk dari masyarakat. Untuk itu saya sangat mengapresiasi partisipasi aktif dari para relawan Pesisir Mengajar ini,” ujar Zaki usai menerima Para relawan Pesisir Mengajar di ruang kerjanya, Kamis, (24/11).

Zaki menyadari apa yang dilakukan oleh para relawan Pesisir Mengajar ini tentunya bukan perkara yang mudah dan dapat dirasakan hasilnya dalam waktu dekat. Namun begitu apa yang dilakukan para relawan ini jika fokus dan dilakukan dengan sepenuh hati dapat mengubah mindset pada generasi muda agar mampu mengembangkan potensi diri serta sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Jangan berharap melakukan hal yang spektakuler, saat ini yang dibutuhkan dari para relawan adalah mampu mengubah mindset generasi muda menjadi lebih baik saja itu sudah sangat berarti bagi Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Kepala DPK Kabupaten Tangerang Herry Wibowo menjelaskan di tahun 2016 ini relawan Pesisir Mengajar ber-jumlah 20 relawan. Mereka mengajar di sembilan (9) SD yang ada di wilayah pesisir Kabupaten Tangerang.

“Sebelum diterjunkan ke lapangan para relawan ini telah kami bekali dengan pemahaman, tentang lingkungan, dengan tujuan agar masyarakat bisa menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi di lapangan, baik saat ini maupun nanti,” jelas Herry.

Kegiatan yang dilakukan para relawan ini adalah menggelar gerakan 1000 Gemar Ikan, 1000 Anak Didik dalam Pekan Gigi Bersih, lomba Menggambar Pesisir Mengajar dengan tema ‘Pesisir & Lautku” serta Pendidikan Anti Korupsi bagi Anak Didik di Wilayah Pesisir.

Herry mengatakan di 2017 nanti, DPK Kabupaten Tangerang akan menambah relawan Pesisir Mengajar seban-yak 60 relawan. Mereka akan disebar di berbagai desa pesisir di Kabupaten Tangerang. (hendra/satelitnews)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.