Diskominfosantik Ingin Dimasukkan ke UPT

KOTA SERANG, SNOL-Komisi Informasi (KI) Banten diusulkan masuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Komunikasi Informatika  Persandian dan Statistik (Dikominfosantik) Banten. Itu dilakukan agar KI bisa berkoordinasi langsung dengan kepala dinas atau pejabat setingkat eselon II.

Kepala Diskominfosantik Komari mengatakan, selama ini KI jika harus berkoordinasi terhalang garis hirarki, dimana mereka harus melalui sekretariat terlebih dahulu. Oleh karena itu, pihaknya menginginkan KI merupakan bagian UPT dari Diskominfosantik. “Kalau UPT kan kita koordinasinya lebih mudah,” kata Komari, Jumat (10/11).

Dikatakan Komari, untuk melaksanakan rencananya tersebut Komari berencana akan segera berkoordinasi dengan pimpinan dalam hal ini Gubernur Banten untuk mengeluarkan regulasi terkait rencananya tersebut. Regulasi itu bisa berbentuk Pergub atau SK Gubernur. “Nanti aturan itu sifatnya tidak hanya di Diskominfosantik saja, melainkan di OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lain juga bisa,” paparnya. Komari juga sudah berkoordinasi dengan para komisioner KI Banten. “Ya, kita bermusyawarah bagaimana baiknya,” tukasnya.

Sementara, Komisioner KI Banten Ade Jahran menyatakan, KI tidak bisa dibentuk di bawah Diskominfosantik, mengingat lahirnya KI merupakan amanah dari Undang-Undang (UU) Nomor 14/ 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). “Secara hirarki kita memiliki kepengurusan hingga di pusat. Jadi tidak bisa berada di bawah pemerintah daerah,” ujarnya.

Soal komisioner KI tidak bisa langsung berkoordinasi dengan kepala dinas atau pejabat eselon II lainnya, itu hanya teknis saja. “Yang kami butuhkan juga saat ini adalah dukungan anggaran dari pemerintah,” pungkasnya. (ahmadi/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.