Duo Tangerang Sabet Penghargaan Bergengsi

Anugerah Pandu Negeri 2017

JAKARTA, SN—Prestasi kemba­li diraih Pemkab Tangerang dan Pemkot Tangerang. Keduanya mendapatkan penghargaan An­ugerah Pandu Negeri 2017 dari Indonesian Institute for Pub­lic Governance (IIPF), Jumat (10/11).

Penghargaan Anugerah Pan­du Negeri diserahkan mantan Wakil Presiden RI Boediono di­dampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di gedung Graha CIMB Jakarta. Bupati Tangerang

Kota Tangerang menerima langAhmed Zaki Iskandar dan Wali sung penghargaan tersebut. ­

Bupati Zaki mengatakan penghargaan tersebut meru­pakan hasil kerja keras seluruh pihak. Penghargaan, kata Zaki, bukan hasil akhir tata kelola pemerintahan di daerah.

“Alhamdulilah penghargaan ini kita raih tapi ini semua bukan hasil akhir tata kelola pemerin­tahan. Pelayanan harus kita tingkatkan dan butuh inovasi,” ucap Zaki.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah sangat mengapr­esiasi IIPG atas penghargaan tersebut. Dia mengaku bangga ketika mendapatkan informasi bahwa dirinya masuk dalam nominasi peraih penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017. Apalagi dengan melihat nama-nama dalam daftar tim penilai dan dewan juri yang merupakan orang-orang dengan curiculum vitae sangat mengagumkan. Se­but saja Djisman S Simanjun­tak, Sidharta Utama, Chandra M Hamzah, Harkristuti Harkris­nowo serta Editor Tempo News Magazine Yostinus Tommy Ary­anto.

“Tentunya kita sangat men­gapresiasi atas penghargaan ini, tak disangka bahwa banyak orang yang melihat atas kin­erja pemerintah daerah yang ingin selalu mengedepankan kepentingan masyarakat Kota Tangerang,” terang Arief seusai menerima penghargaan.

BANGGA: Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dengan bangga menerima plakat penghargaan Anugerah Pandu Negeri dari mantan Wakil Presiden
Boediono, Jumat (10/11).(istimewa)

“Penghargaan ini, juga kita dedikasikan untuk semua un­sur lapisan masyarakat Kota Tangerang, yang telah ikut serta membantu memberikan ide-ide, kreativitas dan sumbangsih pemikiran bagi mensukses­kan semua program-program pemerintah. Pemerintah Kota Tangerang juga berkomitmen untuk terus melakukan inovasi-inovasi dan terobosan-terobo­san yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat banyak,” im­buhnya.

Pemerintah Kota Tangerang menerima Penghargaan An­ugerah Pandu Negeri dengan predikat Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Ke­lola Sangat Baik. Penghargaan dari Indonesian Institute Publik Governance (IIPG) ini hanya diberikan kepada 5 Pemerintah Kota Seluruh Indonesia yaitu Kota Tangerang, Kota Denpasar, Kota Pontianak, Kota Sukabumi dan Kota Surakarta.

Penghargaan tersebut digagas oleh IIPG. Mereka memberikan penghargaan kepada pemerin­tah daerah (provinsi, kabupaten dan kota) yang kinerja dan tata kelola pemerintahannya baik. IIPG juga memberikan penghar­gaan kepada pemimpin daerah yang inovatif.

IIPG adalah sebuah organisasi nirlaba yang digagas sekelompok anak bangsa yang peduli terha­dap tata kelola (governance) baik di sektor swasta atau korporasi dan sektor publik atau institusi pemerintahan. IIPG mempunyai visi melakukan upaya peningka­tan tata kelola pada institusi pub­lik, seperti pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintah kota.

Dewan Juri IIPG Sidharta Utama mengatakan pihaknya telah melakukan penilaian kin­erja dan tata kelola pemerin­tahan sejumlah 34 pemerintah provinsi, 416 pemerintah kabu­paten dan 98 pemerintah kota di Indonesia. Juri melihat aspek performance (pertumbuhan ekonomi, pengembangan ma­nusia, breaktrough result) dan aspek governance (tata kelola keuangan, tata kelola pemerin­tahan dan anti korupsi) sebagai kriteria penilaian. (aditya/ir­fan/gatot)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.