Perusahaan Diminta Sampaikan Loker

KAB SERANG, SNOL—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaket­rans) Kabupaten Serang meminta se­mua perusahaan yang ada di wilayah kerjanya untuk segera menyampai­kan lowongan pekerjaan. Hal ini di­lakukan untuk memberantas praktik percaloan tenaga kerja yang marak terjadi.

Kepala Seksi Penempatan Kerja Dalam Negeri pada Disnakertrans Kabupaten Serang, Yus Rahmaidi mengatakan, bahwa sesuai dengan arahan Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dalam rangka member­antas praktik percaloan tenaga kerja, pihaknya telah menyiapkan fasilitas gratis di Disnakertrans untuk proses rekrut tenaga kerja bagi perusahaan. “Kita ingin penempatan kerja mela­lui Disnakertrans Kabupaten Serang, minimal kerjasama lowongan kerja disampaikan ke kita,” kata Yus ke­marin.

Ia menyebut dari ratusan perusa­haan yang ada di Kabupaten Serang, saat ini baru 10 perusahaan yang me­nyampaikan lowongan pekerjaaan ke Disnakertrans, diantaranya PT Gama yang berlokasi di Kecamatan Cikande. Menurutnya, selama ini pihak perusahaan selalu beralasan belum membuka lowongan peker­jaan lantaran masih belum ada kebu­tuhan tambahan karyawan. “Kita su­dah berkunjung ke perusahaan, kita tegaskan tolong laporkan walaupun merekrut karyawan sendiri. Kita juga terus melakukan sosialisasi perusa­haan-perusahaan,” katanya.

Selain, kata dia persoalan lainnya yang menyebabkan banyak perusahaan belum menyampaikan lowongan pekerjaan, antara lain banyak perusahaan yang kolaps atau turun produksi. Hal ini terjadi salah satunya imbas dari UMK yang terus naik setiap tahun­nya. “Banyak yang kolaps, saya datang ke Cikande sampai ada perusahaan yang gedungnya sudah lumutan. Ada juga yang off selama dua minggu, dan ada juga yang karyawannya su­dah berkurang,” tuturnya.

Sementara, berdasarkan data statistik antar kerja pada Dis­nakertrans Kabupaten Serang dari jumlah pendaftaran kerja data terakhir atau pada Okto­ber 2017 untuk laki-laki seban­yak 460 orang dan perempuan 750 orang, dari jumlah tersebut yang sudah penempatan seban­yak 83 orang laki-laki dan 129 perempuan. (sidik/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.