Tunjangan Dewan Segera Cair

CILEGON, SNOL – Tunjangan transportasi para legislator yang duduk di DPRD Kota Cilegon akan segera cair. Meski demikian, belum semua wakil rakyat memgembalikan kendaraan dinas (randis) ke Pemkot Cilegon.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, baru 10 randis dengan merek Grand Livina yang sudah terparkir di halaman parkir DPRD Kota Cilegon. Sedangkan randis lainnya, hingga saat ini masih belum dikembalikan oleh wakil rakyat tersebut.

Plt Kabag Hukum Setda Kota Cilegon, Bambang Hario Bintang membenarkan, bahwa baru ada beberapa randis yang sudah dikembalikan oleh anggota dewan. Pengembalian randis ini, menyusul disahkanya Perda nomor 3 tahun 2017 tentang Hak Kuangan & Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Cilegon dan Perwal nomor 37 tahun 2017.

“Alhamdullilah Perda dan Perwal sudah disahkan oleh pemerintah. Begitu juga dengan Pergub Banten nomor 63 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Perda nomor 4 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Adminisrtrasi dan Anggota DPRD Provinsi Banten Tahun 2017,” ungkap Bambang, kemarin.

Ia memaparkan, berdasarkan dari isi Pergub tersebut, rekomendasi tunjangan di Kota Cilegon tidak boleh lebih besar dari tunjangan di Provinsi Banten. Di mana, untuk tunjangan transportasi pimpinan dan anggota dewan sebesar Rp17,6 juta. Sementara untuk tunjangan perumahaan pimpinan pimpinan sebesar Rp22 juta, wakil ketua Rp21 juta dan anggota sebesar Rp 20 juta. “Jadi rekomendasi di Kota Cilegon tidak boleh melebihi Provinsi Banten,” imbuhnya.

Dengan akan cairnya tunjangan transportasi maupun tunjangan perumahaan ini, tentunya hak-hak dari ketua, wakil ketua dan anggota pun akan menerima hak tunjanganya. Semestinya, dengan akan cairnya semua tunjangan yang akan diterima oleh semua anggota maupun ketua dewan ini, kendaraan dinas harus secepatnya dikembalikan ke Pemkot Cilegon.

“Karena Perda, Perwal maupun Pergub sudah disahkan, tinggal dari Sekwan DPRD yang merekomendasikan dan merumuskan besaran tunjangan yang akan diterima semua anggota maupun ketua DPRD tersebut,” terangnya. Pada bagaian lain, Anggota DPRD Kota Cilegon, Syarif Ridwan mengaku sudah mengembalikan randis yang biasa

“Saya sudah kembalikan awal pekan ini, ya berharapnya tunjangan cepat turun,” kata Syarif. Sementara, Sekretaris DPRD Kota Cilegon, TB Didi Sukriadi belum bisa dikonfirmasi terkait dengan pengembalian randis anggota dewan. Sambungan seluler yang dilayangkan wartawan tidak kunjung berbalas.(eua/eky/bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.