Baru Sebulan, Jalan Hotmik Komdik Rusak

Diduga Akibat Sering Dilintasi Truk Bermuatan Berat

RANGKASBITUNG,SNOL–Baru sebu­lan selesai diperbaiki oleh Dinas Pe­kerjaan Umum dan Penatan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak, ruas jalan Komplek Pendidikan (Kom­dik) di Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung,Kabupaten Lebak sudah kembali rusak. Jalan yang dibangun dengan menelan dana Rp 1,5 Miliar dari Ang­garan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2017 dan diker­jakan swakelola dinas terkait tersebut kini kondisinya banyak terdapat aspal yang mengelupas.

Diduga, jalan yang menjadi dam­baan warga Komdik itu sering dilint­asi kendaraan berat atau kendaraan sumbu III bermuatan berat, serta di­duga pekerjaannya asal-asalan. Se­hingga, kualitas perbaikan jalan itu tak sesuai spesifikasi.

Seorang warga Komdik, Rian mengatakan, kerusakan jalan Komdik tersebut diduga akibat sering dilintasi oleh truk angkutan berat. Padahal, sebelumnya DPUPR Lebak maupun warga Komdik berharap, truk angkutan barang tidak melintasi jalan tersebut.

“Agar kerusakannya tidak bertambah parah, diharapkan DPUPR segera memperbaikinya. Agar peng­guna jalan bisa kembali merasakan kenyamanan, saat melintasinya,” kata Rian, Senin (20/11).

Menurutnya, sejak dulu jalan Komdik merupakan jalan yang hanya boleh dilintasi kendaraan priba­di, yang bobotnya tidak terlalu berat. Untuk itu, jalan yang baru saja diper­baiki akan mudah rusak bila yang melintasinya truk angkutan barang dan bermuatan berat.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DPUPR Lebak, Entoy Saepudin mengatakan, kerusakan jalan Komdik akan segera diperbaiki. Ia akan segera memerintahkan stafnya, untuk mencari tahu penyebab kerusakan tersebut.

“Bila benar rusak, kami akan segera memperbaikinya. Karena, setelah selesai diperbaiki, jalan itu masih dalam tahap pemeliharaan,” ungkap Entoy.

Ditegaskannya, bila benar keru­sakan itu akibat sering dilintasi truk angkutan barang, maka ke depan pihaknya akan berkoordinasi den­gan Dishub. Sehingga, jalan Komdik akan terbebas dari truk angkutan ba­rang. (mulyana/mardiana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.