Bertemu Sandi, Bang Yos Bahas Reklamasi

JAKARTA,SNOL— Mantan Gu­bernur DKI Jakarta Sutiyoso mengakui ada pembahasan soal reklamasi Teluk Jakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal tersebut dibi­carakan di sela-sela makan siang di Balai Kota DKI, Se­lasa (21/11) bersama dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

“Ya, tentang reklamasi itu intinya, saya ingin memberi­kan win win solution kan,” kata pria yang akrab dipanggil Bang Yos itu di Balai Kota DKI.

Bang Yos mengusulkan pemerintahan Anies-Sandi juga memikirkan persoalan iklim investasi di Tanah Air sebelum benar-benar memu­tuskan langkah menghentikan reklamasi.

Menurut Bang Yos, Anies-Sandi harus mampu memberi­kan solusi yang menguntung­kan rakyat maupun investor. “Bagaimanapun untuk investa­si itu besar, ya. Mungkin meli­batkan juga investor asing, ka­lau tiba-tiba saklek (dihentikan) saja, kami batalkan gitu, ba­rangkali itu menimbulkan juga apa namanya iklim investasi yang tidak baik di Indonesia kan,” beber Bang Yos.

Bang Yos juga menyampai­kan kepada pemerintahan Anies-Sandi untuk melanjut­kan janjinya yaitu melindungi nelayan korban reklamasi dan kelestarian alam. Namun, Bang Yos menekankan kepada keduanya agar mengambil keputusan yang menguntung­kan semua pihak.

“Jadi tadi sudah saya beri­kan saran, bagaimana cara mencari win win solution. Yang paling penting adalah para nelayan ini dapat ter­urus,” kata mantan Kepala Badan Intelijen Negara itu.

Sutiyoso mengisahkan, saat menjabat sebagai gubernur, reklamasi itu masih pada ta­hap perencanaan saja. Dia mengatakan untuk melaksanakan reklamasi harus melengkapi persyaratan yang ada.

“Tentu saja harus ada Am­dalnya. Reklamasi itu buat saya bukan barang tabu. Arti­nya banyak orang lalukan itu. Singapura, tetangga kita paling dekat, tetapi kan ada per­syaratannya,” kata dia. (tan/jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.